Asus Zenbook UX31: Ultrabook Berstamina Ekstra

ASUS Zenbook UX31 hadir dalam dua versi masing-masing menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 2677M dan Intel® Core™ i5 2557M. Unit ultrabook yang diulas kali ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i5 2557M.

ASUS Zenbook UX31 merupakan ultrabook generasi pertama keluaran ASUS yang mencoba mengkombinasikan antara daya tahan baterai, kecepatan sekaligus bobot yang ringan. Sejak pertama kali diperkenalkan, seri Zenbook memang berhasil merepresentasikan kombinasi unsur-unsur tersebut dengan sangat baik.

ASUS Zenbook UX31

ASUS Zenbook dengan prosesor Intel® Core™ i5 2557M, kartu grafis Intel dan layar berukuran 13.3 inch berresolusi 1600×900 pixels memberikan kesan pertama yang sangat menjanjikan. Untuk penyimpanan data, ASUS menyematkan hardisk tipe SATAIII SSD yang nyaris tidak bersuara selama operasional.

Asus Zenbook UX31: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan: Sebagaimana sudah disebut bahwa dari segi penampilan, ASUS Zenbook UX31 memberi kesan yang sangat baik. Permukaan berlapis aluminium memberi kesan kuat sekaligus mewah. Bahkan jika diperhatikan secara detil tampak bahwa finishing-nya sangat rapi. Dari segi ukuran dan berat meski tidak seringan netbook namun mengingat performa yang diusungnya, ASUS Zenbook terbilang sangat tipis dan ringan sehingga sangat tepat bagi Anda yang sering bepergian sekaligus memerlukan laptop yang powerful.

ASUS Zenbook UX31 jelas bukan sekedar laptop yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi Office namun juga aplikasi multimedia dan bahkan cukup mumpuni untuk menjalankan game-game yang sedikit berat sekalipun.

Dan yang paling menarik dari semua itu adalah bahwa ultrabook keluaran ASUS ini tetap tidak berisik dan tidak panas sekalipun menjalankan aplikasi berat. Hardisk tipe SATAIII SSD adalah keunggulan lain yang jelas memiliki kecepatan lebih baik ketimbang laptop yang umumnya menggunakan hardisk konvensional 5400 RPM.

Kekurangan: Meski dari segi penampilan ASUS Zenbook UX31 tidak kalah dari MacBook Air namun sayang sekali bahwa kemampuan grafisnya belum bisa diperbandingkan. Wajar saja mengingat ultabook ini masih mengandalkan kartu grafis Intel yang kemampuannya cenderung biasa-biasa saja.

Kekurangan lain adalah jenis layar yang belum menggunakan tipe non-reflective sehingga hampir mustahil menggunakan ultrabook ini di luar ruangan.

ASUS Zenbook UX31

Kesimpulan Review ASUS Zenbook UX31

Bagi mereka yang sangat memperhatikan desain sebuah gadget dan sering bepergian, ASUS Zenbook UX31 adalah pilihan yang tepat. Lebih-lebih jika Anda selama ini lebih memilih MacBook Air semata-mata karena desainnya namun pada akhirnya “hanya” menggunakan sistem operasi Windows, rasanya ASUS Zenbook merupakan pilihan yang lebih logis dan efisien.