Google Plus: Daftarkan Diri Anda Tanpa Harus Diundang

Google PlusGoogle Plus, jejaring sosial milik Google yang sudah kurang lebih 12 minggu beroperasi secara terbatas dan mengharuskan calon pengguna untuk mendapat undangan sebelum mendaftarkan akun kini sudah bisa diakses oleh siapapun.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, Google tentu berharap bahwa situs jejaring sosial miliknya akan mampu bersaing dengan Facebook dalam hal pengguna yang pada akhirnya mampu bersaing pula dalam menarik pemasang iklan.

Google Plus: Respon Positif di Awal dan Menurun Belakangan

Google Plus mendapat respon positif dari banyak pengguna awal saat mulai diluncurkan. Beberapa fitur andalan yang diklaim menjadi pembeda dengan Facebook menjadikan banyak orang tertarik untuk bergabung. Namun belakangan ini antusiame penggunanya menurun dan banyak yang kembali beralih ke Facebook.

Belum dapat dipastikan, apakah menurunnya aktivitas dan antusiasme ini dikarenakan Google + tidak sungguh-sungguh menawarkan nilai pembeda yang signifikan dibanding Facebook atau karena belum semua orang memiliki akses untuk membuat akun pribadinya.

Menurunnya aktivitas dan antusiasme pengguna menjadi headline di beberapa media dan jejaring sosial. Meski demikian manajer Google Plus, Bradley Horowitz berkilah bahwa operasional jejaring sosial milik Google selama ini masih sebatas uji coba sehingga tingkat aktivitas belum bisa dijadikan indikator respon masyarakat terhadap situs ini.

Fitur Baru Google Plus

Bersamaan dengan terbukanya Google + untuk umum, Google juga menambahkan beberapa fitur baru di hari yang sama.

Google juga menambahkan versi mesin pencari untuk jaringan sosialnya. Kotak pencarian klasik sekarang muncul di bagian atas setiap halaman Ditambah Google, memberikan pengguna cara untuk mencari melalui pembaruan dan link dalam jaringan mereka sendiri maupun bersama.

Google berencana untuk merilis lebih banyak fitur Google + di masa depan. “Ada banyak lagi yang akan ditambahkan,” kata Horowitz.

Facebook sendiri sebagai situs jejaring sosial terpopuler saat ini, baru saja melakukan beberapa tambahan fitur. Tampaknya penambahan fitur ini merupakan reaksi Facebook dalam menghadapi Google Plus.