Hari Pelanggan Nasional

Bagaimana kalau ada sebuah hari di mana perusahaan-perusahaan di Indonesia semuanya memanjakan pelanggan mereka? Mereka melayani pelanggan lebih ramah, lebih cepat dan lebih menawarkan pelayanan yang ekstra. Bagi pelanggan yang biasanya memperoleh diskon 10%, pada hari itu memperoleh diskon 40%. Jika pada hari-hari biasa Anda hanya mengantri di loket sebuah bank, pada hari itu, para customer service-nya tiba-tiba menawarkan gift kepada Anda.

Mimpi ini yang tampaknya mulai terwujud pada tahun 2003, ketika secara resmi Presiden RI Megawati mencanangkan Hari Pelanggan Nasional di Indonesia tepatnya pada tanggal 4 September. Hari Pelanggan atau Customer Day adalah hari di mana perusahaan-perusahaan di Indonesia saling berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik mereka kepada pelanggan.

Hari Pelanggan Nasional ini sebenarnya menjadi komitmen setiap perusahaan di Indonesia untuk mulai meningkatkan keunggulan kompetitif-nya di era pasar global. Peringkat daya saing Indonesia semakin tahun semakin mengalami penurunan. Salah satu sebab adalah ketidakmampuan perusahaan di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pasar. Artinya perusahaan-perusahaan di Indonesia tidak memiliki kemampuan dalam memuaskan keinginan pembeli atau pelanggan mereka. Karenanya Hari Pelanggan Nasional dapat menanamkan kesadaran kepada masyarakat, pengusaha, pekerja maupun pegawai untuk memberikan layanan yang baik.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam rangka Hari Pelanggan Nasional? Banyak hal sebenarnya bisa dilakukan pada Hari Pelanggan Nasional. Berikut ini beberapa contoh program yang bisa dilakukan oleh perusahaan Anda sendiri tanpa menunggu koordinasi dari instansi lain:

I. Komunikasi/Sosial

  1. Iklan layanan masyarakat
  2. Materi komunikasi seperti buletin dan website
  3. Pembentukan komunitas pelanggan
  4. Penyediaan toll free
  5. Keteladanan dalam memberi pelayanan
  6. Kunjungan Top Management ke pasar
  7. Customer gathering
  8. Fun game
  9. Tamasya keluarga
  10. Pemberian bea siswa.


II. Produk/Layanan

  1. Peluncuran produk baru
  2. Peluncuran fitur baru
  3. Penambahan waktu operasional
  4. Paket/kemasan khusus
  5. Layanan khusus
  6. Garansi
  7. Diskon khusus
  8. Cendera mata
  9. Pemakaian pin
  10. Upgrading produk/layanan


III. Promo

  1. Pameran
  2. Program buy one get one
  3. Member get member
  4. Trade in
  5. Free joining fee
  6. Free membership fee
  7. Free trial
  8. Kuis berhadiah
  9. Pemberian Point reward
  10. Pemberian voucher, dll.

Sayang sekali tampaknya kampanye mengenai Harpelnas ini masih kurang bergema sehingga belum semua perusahaan maupun pelanggan merasakan manfaatnya. Bagaimana dengan Kita? Semoga sebagai para pengusaha kita mampu memanfaatkan moment ini bukan hanya sekedar untuk memanjakan pelanggan namun sekaligus memperbaiki kondisi internal utamanya dalam hal layanan.

Selamat Hari Pelanggan Nasional, semoga bermanfaat bagi kita semua. (Satrio A. Wicaksono, dari berbagai sumber)