Penulis “Think and Grow Rich” Bangkrut?

Anda tentu tahu atau setidaknya pernah mendengar nama Napoleon Hill? Penulis salah satu buku terlaris “Think and Grow Rich” yang banyak dibicarakan orang? Bahkan belakangan ini kalau Anda datang ke toko buku sudah ada edisi revisi terbarunya.

Banyak orang mengenal Napoleon Hill sebagai yang belajar secara langsung dari orang-orang sukses dan kaya di dunia Kemudian merumuskan kesuksesan mereka untuk dipelajari banyak orang hingga sekarang

Bagaimana itu mungkin dia mati dalam keadaan bangkrut? Bukankah banyak orang sukses belajar juga dari tulisannya?

Setelah melakukan ‘penyelidikan’ kecil-kecilan melalui internet singkatnya saya menemukan bahwa kondisi keuangan Hill belakangan memang naik dan turun hingga pada akhirnya Clement Stone melalui Hill Foundation menyelamatkannya.

Jadi memang Hill tidak mati dalam kondisi bangkrut namun itu adalah berkat pertolongan Stone. Secara teknis mungkin tidak bangkrut namun kondisi keuangannya mengenaskan jika Stone tidak menolong. Tentu dalam pandangan saya pribadi sebagai orang Katholik lebih tepat dikatakan campur tangan Tuhan melalui Stone.

Bagaimanapun tentu bukanlah sebuah akhir cerita yang banyak orang harapkan dari seorang penulis sukses yang merumuskan resep kesuksesan dari orang-orang besar.

Lalu kenapa Hill bisa bangkrut sementara orang lain yang belajar darinya tidak sedikit yang memperoleh kesuksesan finansial? Entahlah rasanya saya bukan dalam kapasitas untuk menjawab. Mungkin Hill sendirilah yang bisa menjawabnya.

Hill mungkin bisa dikatakan mengalami kegagalan dalam menerapkan apa yang dia ajarkan dalam bukunya. Namun setidaknya apa yang dia tuliskan telah menginspirasi banyak orang dan tak sedikit yang menerima manfaatnya.

Walau tentu banyak yang lebih setuju bahwa cara terbaik untuk memberi inspirasi adalah;  ‘to be a living breathing example of it’