Ternyata Selama Ini Saya Meremehkannya

Beberapa bulan yang lalu saya pernah sharing mengenai betapa ampuhnya Squidoo sebagai salah satu ‘sarana’ meningkatkan pendapatan dari Amazon.

Memang belakangan ini Squidoo lebih ketat dalam melakukan filter kualitas konten. Selama ini di Squidoo saya lebih sering menulis lensa mengenai review produk, tapi entah benar atau hanya perasaan saya tampaknya Squidoo sedikit alergi terhadap lensa-lensa model review. Karenanya saya lama tidak lagi menulis lensa baru.

Tapi bukan soal Squidoo yang hendak saya bicarakan dalam posting kali ini.

Saya ingin sharing pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat bagi para ‘pemburu dollar’ lewat afiliasi Amazon seperti saya.

Sejak pertama kali bergabung menjadi afiliator Amazon terus terang tak sekalipun saya memperhatikan report berdasarkan tracking id. Untungnya saya sudah memisahkan id antara blog, Squidoo dan HubPages.

Baru beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng melihat report berdasarkan tracking id dan…… betapa terkejutnya saya bahwa dari total penghasilan saya bulan ini ternyata 50% berasal dari blog dan 50% berasal dari HubPages!!

Ternyata Kontribusi Blog Berbayar dan HubPages Ratio-nya Hampir 50-50

Karena artikel dan produk Amazon yang saya promosikan di blog dan HubPages memang serupa maka saya pikir selama ini setidaknya 90% earning berasal dari blog. Karena itu saya lebih fokus ke blog dan ‘menganak-tirikan’ HubPages.

dan… inilah ‘senjata rahasia’ itu

Selain itu dibanding Squidoo, HubPages juga terasa lebih ‘kaku’, karena tidak banyak modifikasi terutama terkait desain tampilan yang bisa dimodifikasi.

Tapi untunglah saya sempat ‘iseng’ melihat report tersebut. Karena itu mulai sekarang saya juga mencoba serius menggarap HubPages. Setidaknya sejak saya tahu bahwa setengah earning saya berasal dari sana, setiap hari saya membuat satu artikel khusus untuk HubPages.

Yah…itu dulu… tidak banyak yang bisa saya bagi karena saya juga bukan seorang master…. juga tidak punya rahasia apapun… akhir kata semoga pengalaman saya bermanfaat bagi Anda dan semoga kita semua bisa ‘panen’ selama musim belanja yang sudah di depan mata :)