Thewicaksonos is back….

Beberapa hari ini personal web blog kami www.thewicaksonos.co.cc tidak dapat diakses. Ini dikarenakan sedang terjadi proses pemindahan hosting dari hosting lama yaitu 000webhost yang notabene hosting gratisan :P ke hosting berbayar; Hawkhost.

Kenapa Hawkhost? Jadi ceritanya saya perlu memperpanjang sewa hosting untuk web yang saya pakai cari duit…. Nah… saya sudah punya pengalaman dengan Hostgator yang terkenal perkasa itu, bukannya support mereka tidak memuaskan tapi memang pada dasarnya saya tipe orang yang suka coba-coba. Konon, testimoni teman-teman yang sudah pernah pakai Hawkhost katanya tidak kalah dibanding Hostgator. Karenanya saya tertarik mencoba.

Selagi memindah hosting web “pencari duit” saya berpikir sekalian saja pindahkan personal blog saya ke hosting yang baru ketimbang pakai hosting gratisan yang konon juga rawan di delete. Di saat bersamaan saya juga memutuskan untuk beli satu domain (.com) baru, kebetulan di GoDaddy ada penawaran gratis domain (.info) setiap pembelian satu domain (.com). Jadilah domain (.info) bonus dari GoDaddy ini saya ambil untuk personal blog, ketimbang pakai domain gratisan (.co.cc) yang sekali lagi konon juga rawan hilang.

Memang personal blog kami kemarin-kemarin boleh dibilang “ora modal”, bagaimana tidak; domain gratisan, hosting pun gratisan. Jadi jangan heran kalau lambat untuk diakses. Awalnya saya pikir biar saja toh hanya personal blog dan tidak menghasilkan duit, blog itu kan dibuat utamanya untuk berbagi ilmu dan pendapat pribadi. Tapi berhubung kebanyakan pengakses masuk ke halaman-halaman pada kategori “faith” yang saya yakin memang bermanfaat karena diterjemahkan dari literatur yang penulisnya kredibel, di samping fakta bahwa berdasar statistik sudah banyak kali di-share melalui FB dan Twitter maka alangkah baik rasanya kalau dipindah ke hosting yang lebih mumpuni.

Migrasi

Thewicaksonos sukses bermigrasi dari hosting & domain gratisan ke layanan berbayar

Proses perpindahan dari Hostgator ke Hawkhost untuk web pencari duit berjalan lancar tanpa hambatan, support team keduanya bekerja dengan baik.

Masalah baru muncul untuk personal blog ini. Hari Jumat, 17 Juni; backup file dan database pada 000webhost tidak bisa didownload, meski diulang berkali-kali hasilnya sama saja. Download manual melalui FTP bisa dilakukan namun entah kenapa ketika di upload ke hosting baru selalu gagal. Akhirnya saya hubungi support Hawkhost, responnya cepat; tidak sampai 10 menit. Ternyata download manual yang mereka lakukan juga mengalami kendala seperti yang saya alami sendiri.

Akhirnya dengan sedikit “muka tembok” saya kontak support 000webhost. Sebenarnya agak sungkan juga sih habisnya pakai paket gratisan kok minta support. Tapi saya tetap tuntut karena support itu diklaim ada oleh pihak mereka meski untuk paket gratisannya.

Lama menanti…. respon tak kunjung tiba. Sementara itu saya dan support team Hawkhost terus kontak2 baik via email maupun chatting untuk mencoba cara lain. Klaim pihak 000webhost bahwa semua pertanyaan akan direspon maksimal dalam waktu 24 jam tidak terbukti. Entah karena saya pakai paket gratis atau karena memang respon mereka lambat, saya tidak bisa memastikan. Karena saya toh belum pernah pakai paket berbayarnya 000webhost jadi tidak bisa membuat perbandingan.

Sementara saya tinggalkan dulu personal blog, saya fokus ke blog pencari duit. Hari Minggu, 19 Juni malam saya iseng login ke akun saya di 000webhost ternyata kali ini file backup bisa di-download. Cepat-cepat saya hubungi support team Hawkhost via live chat, tidak sampai 5 menit mereka katakan bahwa proses download sudah berjalan dan segera di upload sesudahnya.

Berhubung hai sudah larut, bahkan sudah dini hari akhirnya saya matikan laptop. Pagi harinya via email support team Hawkhost mengabarkan bahwa personal web saya sudah selesai di upload. Setelah saya cek ternyata halaman “Home” kacau balau, malah muncul tulisan yang tidak saya kenali.

Saya coba akses halaman admin ternyata baik-baik saja; posting lengkap, begitu pula dengan plugin dan theme. Kalau saya akses langsung masing-masing posting, tampilannya nomal jadi hanya halaman “Home” yang bermasalah.

Saya kontak kembali support team hosting baru saya dan mereka janji akan menelusuri masalahnya. Saya iseng-iseng akses melalui FTP kemudian menemukan file “asing” di dalamnya yang cukup “gemuk” yaitu index.html….. Nah rasanya inilah yang membuat halaman utama blog saya kacau balau. Akhirnya saya delete file tersebut dan jreng……jreng…. web saya pulih seperti sedia kala dengan hosting baru dan domain yang baru pula.

Tapi kemudian saya sadari bahwa gambar-gambar pada tiap posting tidak muncul. Akhirnya sambil mengabarkan ke support team bahwa web saya sudah pulih sekaligus saya tanyakan perihal gambar yang tidak muncul. Sesaat kemudian mereka menjawab bahwa masalah gambar disebabkan oleh “permission” pada direktori gambar dan saat ini sudah mereka perbaiki…. ah…. alangkah bodohnya diriku melupakan kemungkinan itu.

Anyway, blog ini tidak pulih 100%…. tepatnya 99,9%. Kemana sisanya? Ada masalah dengan “special character” terutama tanda quote (“) yang berubah menjadi karakter-karakter asing. Bahkan beberapa posting kalimatnya pun rancu karena tertukar letaknya satu sama lain akibat tidak terbacanya “special character” ini dengan benar.

Saya tak menemukan solusi untuk masalah ini dan rasanya bukan juga masalah hosting sehingga saya tidak menghubungi pihak hosting. Akhirnya saya relakan waktu saya setiap selesai kerja dengan mengedit 100 postingan dalam blog ini satu per satu!!

Pastinya saat ini “Thewicaksonos” sudah kembali seperti sedia kala; thewicaksonos.co.cc sudah bertransformasi menjadi thewicaksonos.info. Jika Anda mengetikan dengan domain lama (.co.cc) maka otomatis akan di redirect kemari, karena memang saya setting demikian.

Personal web kami kini bisa diakses dengan lebih cepat dibandng sebelumnya. Kalau diakses dari Indonesia mungkin tidak akan secepat hosting Indonesia mengingat hosting yang kami pakai server-nya ada di luar negeri. Tapi setidaknya dibanding hosting gratisan, yang ini berkali-kali lipat lebih cepat.

Satu hal yang bisa saya sarankan, jika Anda belum berencana menggunakan hosting berbayar rasanya lebih baik menggunakan wordpress dengan hosting di wordpress sekalian. Meski resikonya ada banyak keterbatasan seperti pilihan theme dan ketiadaan plugin. Tapi sisi positifnya lebih mudah memindahkan ke hosting berbayar nantinya ketimbang hosting di 000webhost. Tapi tentu pilihan itu kembali pada Anda.

Sebagai catatan, pertanyaan saya ke support team 000webhost baru dijawab pada hari Senin tatkala semua masalah sudah kelar. Pun jawaban mereka standar saja; jika backup tidak bisa di download maka silakan lakukan cara manual melalui FTP. Tapi saya juga tidak bisa komplain…. gratisan kok mau komplain???

Mengenai Hawkhost sendiri, setidaknya sejauh ini dari segi support saya kasih rating 5/5. Untuk lain-lainnya nanti akan saya review setelah setahun, terlalu dini untuk menilai saat ini