WordPress Sebagai Pendongkrak Usaha Kecil dan Menengah

WordPress tidak diragukan lagi sebagai salah satu sarana blogging yang populer . Meski banyak UKM yang mulai meliriknya namun tak sedikit yang belum menyadari bahwa wordpress merupakan salah satu CMS yang tak sekedar bermanfaat sebagai sarana blogging.

Meski pada awalnya memang dirancang sebagai sarana blogging namun pada dasarnya platform ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi untuk dimanfaatkan lebih dari sekedar blogging. Dengan sedikit sentuhan pada template dan plugin pengguna sudah bisa mengubah web dengan platform WordPress menjadi sebuah website profesional baik untuk blogging, semi blogging maupun tidak untuk blogging sama sekali.

Kemudahan dalam instalasi, navigasi belum lagi ketersediaan plugin dan template yang terus bertambah merupakan keuntungan tersendiri yang jarang ditemukan pada platform lain. Faktanya, seorang pemula sekalipun bisa mempelajari dan membuat website profesional dalam waktu relatif singkat dengan WordPress.

Wordpress

photo credit: 3nhanced.com

WordPress bisa menjadi pilihan bagi pemilik UKM yang hendak merambah ke dunia maya. Saat ini banyak UKM yang melirik jejaring sosial seperti FB ataupun Twitter sebagai sarana promosi atau berjualan. Meski tidak salah namun untuk kepentingan pencitraan, keakuratan informasi dan tujuan jangka panjang alangkah baiknya juga memiliki website. Nantinya akun jejaring sosial seperti Facebook ataupun Twitter digunakan untuk menjaring trafik menuju website.

Selain keunggulan yang telah disebut masih ada beberapa keunggulan lain dari platform ini, antara lain:

  1. Pada dasarnya WordPress sudah dioptimasi dari segi SEO. Meski untuk mencapai hasil maksimal pengguna tetap harus melakukan optimasi sendiri namun optimasi yang tersedia setidaknya sudah cukup menghemat waktu.
  2. Seorang pemula bisa dengan mudah melakukan perubahan, update, posting dan sebagainya tanpa harus mengerti kode-kode HTML misalnya.
  3. Bila pengguna belum siap berinvestasi, ada jutaan template dan plugin yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis untuk mempercantik websitenya. Tentu kemudahan ini harus diimbangi dengan kewaspadaan jangan sampai plugin dan template gratis yang diunduh tersebut mengandung kode-kode tersembunyi yang bisa menjadi celah keamanan bagi website.
  4. Ada jutaan situs maupun forum yang mendiskusikan pengembangan dan kustomisasi website dengan platform WordPress, sehingga memudahkan pengguna yang ingin belajar lebih lanjut.
  5. Tak ada yang lebih menguntungkan bagi pemilik UKM selain kemudahan dalam menginstall WordPress. Bahkan hampir semua penyedia hosting berbayar sudah menyediakan layanan Fantastico yang membuat proses instalasi menjadi lebih singkat dan mudah.

Beberapa keuntungan tersebut rasanya sudah cukup menjelaskan mengapa WordPress layak menjadi pilihan bagi seorang pelaku usaha kecil dan menengah yang ingin memperkenalkan usaha maupun produknya di dunia maya.

Penting untuk diperhatikan adalah dalam rangka menjaga kepercayaan sekaligus mendukung brand image usaha dan produk, gunakan domain dan hosting berbayar.