Yakinkah Anda Menjalankan Bisnis yang Tepat?

Dalam perjalanan kembali ke Salatiga kemarin saya memanfaatkan waktu dengan membaca. Sebuah edisi lama HBR Edisi Maret 2010 yang sudah lama saya miliki tapi hingga hari ini belum juga habis dibaca karena banyak hal.

Yang menarik adalah pada kolom “What Would Peter Do?” yang pernah diangkat sebagai tema HBR Edisi November 2009. Pada kolom tersebut Romm menceritakan pengalamannya ketika dirinya pada sebuah kesempatan pergi makan malam dengan pasangan yang mendirikan sebuah toko kerajinan pertama di US.

Pada kesempatan itu banyak justru tak banyak bercerita mengenai bagaimana mereka mencari barang-barang seperti keramik, karpet dan sebagainya untuk dijual namun justru banyak bercerita tentang resiko dan kerusakan akibat proses pengiriman yang menjadi bagian dalam bisnis mereka.

Romm dalam hati bertanya:

“Andaikan (Peter) Drucker ada dalam posisiku saat ini pasti dia (Drucker) akan berkata dimana Anda memfokuskan banyak waktu dan energi maka itulah bisnis yang Anda jalani”

Berangkat dari situ Romm kemudian berkata pada keduanya bahwa mereka tampak lebih berfokus pada usaha pengiriman ketimbang kerajinan.

Pada akhirnya pasangan tersebut menerima saran Romm dan menjalankan usaha jasa pengiriman yang berjalan baik dan memberikan banyak keuntungan ketimbang usaha mereka sebelumnya.

Menarik bukan? Saya rasa banyak wirausahawan skala kecil dan menengah yang terjebak atau setidaknya pernah terjebak pada situasi semacam ini sebelum akhirnya sadar.

Saya mungkin termasuk di dalamnya, ketika membuka toko saya selalu bersemangat dan menghabiskan banyak waktu untuk merancang penataan, desain, display dan sebagainya namun ketika harus mengurus operasional sehari-hari rasanya semangat itu pudar.

Saat berpindah toko pun saya kembali bersemangat merancang ide terkait desain dan tata letaknya. Sekali lagi ketika sudah masuk tahap operasional penjualan terasa hilang tantangannya.  Bisa jadi dalam hal ini saya seharusnya tidak terjun dalam usaha ritel namun mungkin lebih tepat menjadi perancang desain dan tata letak toko.

Benar atau tidak rasanya perlu dibuktikan namun sepertinya dalam waktu dekat belum masuk rencana saya. Bagaimana dengan Anda?