Domain: Merk atau Produk?

Website tidak lagi menjadi hal asing bagi industri baik besar maupun kecil, banyak pengusaha besar maupun industri perorangan yang sudah memanfaatkannya entah dalam bentuk blog sederhana maupun yang lebih profesional.

Namun tidak jarang menjadi pertanyaan ketika memilih nama domain yang hendak dipakai. Tak sedikit usaha kecil utamanya yang menggunakan nama usahanya sebagai naman domain dan ada pula yang memilih menggunakan merk produk atau bahkan jenis produk sebagai nama domain.

Memilih nama domain tentu bukan hal yang sederhana sebab nantinya akan berpengaruh terhadap manfaat yang diperoleh dari web tersebut. Jadi manakah yang lebih baik untuk dipilih? Nama perusahaan? Merk produk? Atau malah jenis produk yang diproduksi/dijual?

Untuk menentukan antara ketiganya maka adalah penting identifikasi dan evaluasi terhadap diri sendiri.

Pertama, manakah yang paling dikenal luas oleh pelanggan? Nama usaha kah? Merk produk? atau bukan keduanya!

Tentu jika jawaban Anda adalah nama usaha maka itulah yang semestinya dipilih sebagai nama domain demikian pula jika jawabannya adalah merk produk. Namun bagaimana jika tidak keduanya? Pada kondisi ini jenis produk-lah yang lebih realistis untuk dipilih meski resikonya akan bersaing pula dengan banyak merk produk sejenis. Namun ini lebih masuk akal ketimbang posisi kita dalam kondisi tidak terkenal baik nama perusahaan maupun merk dan tetap memaksakan diri untuk mengunakan nama perusahaan atau merk.

Sah-sah saja jika Anda tetap memilih nama perusahaan atau merk sebagai nama domain sekalipun belum banyak dikenal, namun ingat bahwa perlu resource cukup besar untuk memperkenalkan web Anda. Jika tidak berhasil bisa-bisa web Anda tidak akan kena sasaran alias dikunjungi oleh orang yang kesasar.

Kedua, perlu diperhatikan pula web seperti apakah hendak dibuat? Company profile? Info produk? Atau online order/shop? Jenis yang dipilih idealnya sesuai dengan nama domain yang dipilih.
Bukankah aneh jika anda memilih nama domain: jualkrupuk.dot.com sementara isinya visi dan misi perusahaan yang bernama PT Kaya Selamanya meski bidang usahanya adalah produksi kerupuk. Memang bisa saja target visitor tepat sasaran namun dari segi branding rasanya kurang tepat. (Satrio)