KAZOKU: Outlet Baru Harapan Baru (Bagian 3-Habis)

Saat ini toko yang baru sudah sampai pada bagian finishing. Karena ukurannya lebih luas dan modelnya ruko maka biaya sewanya hampir tiga kali lipat dibanding toko yang lama. Biaya renovasi ternyata membengkak jauh di luar perkiraan kami karena ada hal-hal yang semula tampaknya tidak mendesak untuk diperbaiki ternyata kondisinya cukup parah sehingga harus segera dilakukan perbaikan. Entah kenapa kami selalu mendapat toko yang dalam kondisi rusak cukup parah, mungkin karena kurang pengalaman juga.

Pada tahun pertama targetnya adalah take action dan belajar. Ternyata proses belajar memang perlu biaya namun dari situlah awal membangun masa depan yang lebih baik. Kesalahan manajemen berusaha kami tanggulangi agar tidak terjadi lagi saat ini. Tahun kedua ini target kami adalah pengelolaan yang lebih profesional (dan penjualan yang lebih baik tentunya…)

Di tahun kedua strateginya adalah strategi bertumbuh, karenanya ditandai dengan pemilihan warna hijau menggantikan warna merah sebab hijau melambangkan pertumbuhan. Sedangkan warna putih tetap dipertahankan sebab kejujuran dan etika adalah mutlak bagi siapapun.

Demi mewujudkan pengelolaan yang lebih profesional maka sudah disiapkan S.O.P dan materi training bagi karyawan yang tentu perlu perbaikan dan evaluasi nantinya sambil berjalan. Kami juga sudah menetapkan bahwa setiap barang dagangan harus menghidupi dirinya sendiri artinya tidak saling mensubsidi. Saya sendiri bahkan mulai mengumpulkan materi-materi dan menggali ingatan mengenai apa saja yang pernah saya pelajari ketika masih bekerja di Matahari Putra Prima beberapa tahun yang lalu.

Berkaca dari pengalaman yang lalu bahwa selimut jepang merupakan item dengan penjualan terbaik maka di outlet baru item ini menjadi produk utama. Dan untuk semakin memperkuat positioning maka KAZOKU telah resmi menjadi HASUKO DISTRO yang melayani penjualan untuk reseller dan end user. Tentu kami semakin optimis sebab sejak resmi menjadi HASUKO DISTRO reseller kami bukan hanya terbatas di kota Salatiga namun tersebar hingga Semarang, Solo, Pati dan Kudus. Para reseller di kota-kota tersebut bahkan tidak jarang memilih untuk datang langsung ke tempat kami untuk kulakan daripada dikirim lewat ekspedisi. Jadi kalau ada pembeli dari kota Salatiga yang membeli selimut jepang di Semarang atau Solo bisa jadi asalnya dari outlet kami juga.

Outlet baru ini dirancang sedemikian rupa dengan harapan memberikan kesan unik dan eksklusif. Meski eksklusif namun tetap nyaman dijadikan tempat berbelanja. Secara resmi outlet baru mulai beroperasi per 1 Mei 2009. Meski demikian per 18 April sebenarnya sudah mulai melayani pembeli, namun khusus untuk produk selimut jepang.

Konsistensi jam buka pun nantinya benar-benar akan dijaga agar tidak memunculkan citra kurang serius. Apalagi kali ini nilai investasi yang kami tanamkan terbilang besar, kenapa kami berani berinvestasi sebesar itu? Tentu saja karena kami melihat potensinya apalagi kami sama-sama punya sebuah visi besar akan masa depan outlet kami nantinya. Untuk mimpi itulah semua ini kami lakukan.

Banyak orang bertanya kenapa kami tidak memilih usaha kuliner atau usaha lain yang jelas-jelas terbukti mendatangkan banyak pembeli di kota Salatiga? Jawaban kami selalu sama bahwa kami berdua punya sebuah idealisme. Kami ingin memberikan produk-produk bermutu dan up to date dimana pembeli tidak akan merasa rugi membelanjakan uangnya. Sebagian besar item yang kami jual di outlet adalah produk yang belum banyak dikenal oleh masyarakat di Salatiga meski di kota-kota besar sudah sangat familiar dan penjualannya fantastis. Memang perlu waktu untuk memperkenalkan dan mengedukasi pasar namun bagi kami ada rasa puas ketika melihat pelanggan kami bisa memperoleh produk yang kualitasnya terjamin. Selain itu muncul rasa bangga ketika pembeli merasa puas atas apa yang dibelinya.

Untuk idealisme itulah KAZOKU ada dan untuk idealisme itu pula kami tidak melirik jenis usaha lain yang pasarnya sudah jelas terbentuk.

Kiranya waktu satu tahun memberi kami banyak pelajaran dan pengalaman berharga. Sehingga di outlet baru ini kami bisa mewujudkan harapan baru.

Berikut adalah kondisi outlet baru kami sejak sebelum renovasi dan selama proses renovasi. Untuk kondisi setelah jadi akan dimuat di blog ini bersamaan dengan opening.