Squidoo Masih Menjanjikan

Lensa Squidoo umur 4 hari sudah menghasilkan penjualan

Setelah cukup lama tidak menyentuh squidoo karena sibuk dengan web blog sendiri akhirnya tanggal 21 April kemarin iseng-iseng saya coba buat satu lensa. Namanya iseng makanya saya tidak cukup meluangkan waktu untuk riset keyword dan produk.

Tema lensa itu juga sekedar re-writing salah satu tulisan saya di blog agar memenuhi syarat unik dan original.

Setelah jadi lensa itu saya tinggal begitu saja, ngga diurus bahkan beberapa hari tidak pula login ke squidoo karena kembali bersibuk ria dengan blog saya.

Ternyata ketika hari ini login ke squidoo hasilnya……

Squidoo

Ya seperti yang tampak di screen shot bahwa lensa yang saya buat tanggal 21 lalu ternyata pada tanggal 25 (lebih kurang 4 hari) sudah berhasil menjual sebuah memory card dan sebuah kamera Nikon D5100 dari Amazon.

Tidak banyak yang saya lakukan terhadap lensa itu. Hanya hal rutin yang selalu saya lakukan setiap selesai membuat lensa:
– Lakukan ping
Social bookmarking ke digg, stumbleupon dan tumblr.

Karena usianya memang masih beberapa hari maka selain dua hal di atas nyaris tidak ada optimasi lain yang saya lakukan. Faktanya, ketika saya cek di Google dengan keyword “Nikon D5100” lensa ini bahkan tidak masuk halaman pertama sampai halaman sepuluh Mr. G.

Anehnya menurut statistik di squidoo trafik terbesar lensa saya berasal dari Google dengan kata kunci “Nikon D5100”. Entah apa penjualan ini berasal dari trafik Google atau social bookmarking saya sendiri tidak bisa memastikan.

Yang pasti bahwa kamera yang saya ulas memang sedang “hot”. Posting artikel saya di blog yang me-review kamera ini juga berhasil menjual beberapa unit, dengan komisi penuh tentunya.

Squidoo masih bisa menjadi pilihan

Mengenai Squidoo sendiri, selain karena kesibukan mengurus bog saya juga sengaja tidak aktif dulu di squidoo karena konon sejak perubahan alogaritma Google banyak lensa yang drop. Jadi saat itu saya putuskan untuk “libur” dari squidoo sambil menunggu perkembangan.

Tapi lagi-lagi setelah tempo hari saya cek lensa saya di squidoo justru sebagian besar posisinya membaik dan tidak sedikit yang nongkrong di page 1 ranking 1 Mr. G.com.

Jadi kesimpulan saya sejauh ini Squidoo masih menjanjikan meski ya harus diterima fakta bahwa komisi dari Amazon tidak kita terima penuh karena sebagian besar masuk ke squidoo. Tapi sebagai penghasilan tambahan cukup baiklah…. Terlebih jika Anda belum siap berinvestasi ke domain dan hosting sendiri.

Memang akhir-akhir ini banyak “perdebatan” atau menurut saya lebih tepatnya “perselisihan tidak produktif”  di forum SquidU. Tapi saya secara pribadi tidak terlalu peduli selama saya tidak melanggal TOS prinsipnya jalan terus….!

Saya sendiri terus terang tidak terlalu aktif di forum tersebut karena selain tidak sempat juga saya menilai forum tersebut lebih banyak memperdebatkan hal-hal yang kontra produktif. Saya pribadi yang enggan dan agak “eneg” dengan perang opini yang tidak mutu dan tidak produktif (seperti banyak hal di negeri ini :D) jadi ketimbang sibuk mendengar dan melempar debat mending terus nulis… lebih produktif… lebih menghasilkan dan lebih bermanfaat.

Bagi yang belum tahu apa itu Squidoo silakan langsung ke TKP; di sana penjelasannya cukup detil. Saya juga pernah sedikit mengulasnya di catatan Facebook. Anyway mulai sekarang catatan-catatan mengenai online earning yang tadinya saya tulis di FB akan saya lanjutkan di blog ini. Karena kalau di FB hanya teman-teman di FB yang bisa membaca sementara saya sendiri juga tidak sembarangan “approve” teman di FB. Jadi harapannya dengan ditulis di blog ini bisa berbagi pada lebih banyak orang dan sekaligus meng-update blog pribadi yang sudah lama tidak terurus ini