HTC Inspire 4G: Android Smartphone Terlaris

HTC Inspire 4G: Smartphone 4G pertama dari HTC

HTC Inspire 4G menjadi ponsel terlaris sejak diluncurkan, bersaing ketat dengan saudaranya; HTC Thunderbolt dan Motorola ATRIX. Ponsel ini mengusung teknologi 4G yang diklaim empat kali lebih cepat ketimbang 3G. Sistem operasi Android versi 2.2 menjadi pilihan HTC untuk menjadi sistem operasi HTC Insipre 4G. Ponsel yang kaya akan fitur penting ini layak mendapat predikat sebagai salah satu ponsel terbaik saat ini.

Dimensi totalnya adalah 4.8 x 2.7 x 0.46 inches, dengan layar sentuh raksasa khas HTC; 4.3 inches. Layar sentuhnya bkan hanya berukuran besar namun juga menghasilkan warna yang kuat dan tajam, sayangnya sedikit bermasalah ketika berada di bawah sinar matahari langsung. Menu pada layar sangat mudah dimengerti dan nyaman, selain itu layar sentuh ini juga sangat responsif dan presisi. Perpindahan antar program atau aplikasi berjalan dengan sangat mulus. Pada bagian bawah layar terdapat menu home screen, back dan search seperti umumnya ponsel Android.

HTC Inspire 4GPada bagian belakang terdapat kamera 8 MP dengan dual LED flash. Battery dan SIM card-nya terpisah sehingga memudahkan ketika harus mengganti salah satunya. Di dalam kardus/box-nya telah tersedia charger, kabel USB dan 8 GB MicroSD card.

HTC mengkombinasikan Android 2.2 dengan versi terbaru dari HTC Sense. Sekilas tak banyak perbedaan antara versi baru dengan versi lama. Fungsi dan menunya serupa. Perbedaan mencolok adalah pada kecepatannya, HTC Inspire 4G hanya membutuhkan waktu sepersekian detik untuk melakukan loading. Operasional dan navigasi secara umum berjalan dengan sangat mulus.

Fitur lain dari HTC Sense adalah koneksi ke situs HTCSense yang memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi ponsel HTC nya termasuk melacak keberadaan ponsel ketika sewaktu-waktu hilang.

Speakerphone, telephone konferensi, bluetooth, GPS dan WI-Fi tersedia pula pada ponsel ini. Sesuai dengan namanya, ponsel ini mengusung teknologi 4G. Ini merupakan satu dari 20 ponsel 4G yang direncanakan akan diproduksi oleh HTC tahun ini. Secara teori, ponsel ini mampu mencapai kecepatan download hingga 6Mbps, meski faktanya angka tersebut tidak pernah tercapai dalam pengujian. Meski demikian semua proses tergolong cepat, untuk membuka sebuah website hanya diperlukan waktu 20 detik. Flash konten dan YouTube berjalan dengan sangat lancar dan mulus.

HTC Inspire 4G juga bisa digunakan sebagai modem hotspot hingga 4 device bersamaan, meski kecepatannya akan menurun namun tidak terlalu signifikan. Software navigasi dan akses ke situs jejaring sosial tersedia pula dalam ponsel ini. Jika itu belum dirasa cukup maka ribuan aplikasi bisa di-download dari Android Market.

HTC Inspire 4G: Ponsel kaya fitur

Media playernya tidak beda dengan ponsel HTC lainnya, termasuk fungsi dan fitur di dalamnya seperti repeat, shuffle atau membuat dan mengedit playlists. Equalizer juga disediakan untuk menghasilkan kualitas suara yang optimal. Memory card-nya bisa di-upgrade hingga 32 gigabytes.

Kamera 8 MP pada HTC Inspire 4G sudah dilengkapi dengan dual LED flash dan auto fokus. Kamera ini juga mampu merekam video dalam kualitas HD. Selain itu tersedia aplikasi untuk menambahkan efek pada foto, mengatur kontras dan sebagainya. Secara umum kamera pada HTC Inspire 4G memberikan hasil dan kinerja yang memuaskan dibanding seri lain dari HTC. Anda juga bisa mengatur ISO secara manual sehingga memungkinkan kamera ini menangkap gambar secara optimal pada ruang gelap sekalipun.

Kualitas hasil rekam video-nya sangat memuaskan untuk ukuran sebuah ponsel. Sayang tidak tersedia kamera di bagian depan untuk keperluan video calling.

Kualitas suara pada saat digunakan untuk menelepon tergolong baik. Suara terdengar sangat bersih dan jelas baik oleh penelepon maupun penerima. Meski terkadang muncul sedikit gangguan namun tidak sampai mengharuskan Anda memutuskan sambungan. Kelemahannya adalah pada lingkungan ramai dimana kualitas suara terdengar kurang jelas meski telah di set pada volume maksimal. Namun ini masih terbilang wajar sebagaimana halnya ponsel lain.

Prosesor Snapdragon 1GHz yang tertanam di dalamnya menjadikan HTC Inspire 4G bekerja dengan sangat mulus dan super cepat. Termasuk ketika memainkan games 3D terbaru sekalipun.

Baterai 1230 mAH lithium-ion-nya mampu bertahan selama 6 jam ketika diforsir secara habis-habisan. Menurut klaim-nya, baterai ini memiliki stanby time selama 15 jam. Ketika digunakan sebagai modem hotspot daya tahannya berkurang secara signifikan. Pada prakterknya, dalam penggunaan normal baterai ponsel ini mampu bertahan selama satu hari.

Kesimpulan

Secara keseluruhan hasil tes menunjukkan bahwa HTC Inspire 4G layak diunggulkan sebagai salah satu ponsel terbaik saat ini, tak mengherankan jika ponsel ini sanggup bertahan dalam 3 besar ponsel terlaris bersama HTC Thunderbolt dan Motorola ATRIX. Layar yang berukuran besar dan menghasilkan warna tajam, interface yang user-friendly dan prosesor bertenaga besar menjanjikan performa memuaskan. Ditambah lagi versi terbaru dari HTC Sense yang secara signifikan mempercepat proses loading plus kemudahan akses untuk berbagai keperluan. Terlebih kamera 8 MP-nya mampu memberikan kualitas foto dan video yang sangat baik.

Meski demikian HTC Inspire 4G bukanlah ponsel tanpa kelemahan, penutup baterai-nya cukup sulit dibuka dengan tangan kosong sehingga diperlukan alat bantu. Teknologi 4G yang dijanjikan meski lebih cepat dari 3G faktanya tak secepat yang digembar-gemborkan. Rasanya teknologi 4G lebih merupakan marketing gimmick ketimbang sebuah revolusi. Selain itu ketiadaan kamera pada bagian depan merupakan kelemahan penting mengingat hampir semua ponsel di kelasnya sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Sayang sekali, sampai sekarang ponsel ini hanya beredar di AS karena belum semua negara meyediakan support 4G. Namun di Eropa dan negara lain termasuk Indonesia tersedia HTC Desire HD dengan banderol sekitar Rp 5 jt-an yang spesifikasinya tak jauh beda dari HTC Inspire 4G kecuali dalam hal 4G-enabled dan HSDPA.

Spesifikasi dan Fitur HTC Inspire 4G:

  • Ultra-fast, 4G-enabled smartphone
  • Android 2.2
  • 4.3-inch multi-touch Super LCD display
  • Wireless-N Wi-Fi networking (with optional Wi-Fi Mobile Hotspot and tethering capabilities); GPS for navigation and location services
  • 8-MP camera; HD 720p camcorder;
  • Bluetooth stereo music;
  • microSD memory expansion;
  • HTML web browser; corporate and personal e-mail
  • Up to 6 hours of talk time, up to 372 hours (15.5 days) of standby time;
  • Size (LWH): 2.09 inches, 0.6 inches, 4.25 inches
  • Weight: 4.64 ounces
  • Network Compatibility: UMTS
  • Battery Type: Lithium Ion