Acer Iconia W510 Review – Iconia PC Tablet Windows 8 dengan Harga Terjangkau

Beberapa waktu lalu Acer memperkenalkan Iconia PC tablet dengan Windows 8, generasi terbaru dari seri Iconia yang diperlengkapi dengan keyboard dan sistem operasi Windows 8. Keberadaan keyboard pada Iconia W510 bukan saja memudahkan pengguna dalam mengetik namun sekaligus memungkinkan pengguna untuk bekerja lebih optimal karena keyboard dock tersebut juga diperlengkapi dengan baterai tambahan.

Spesifikasi Acer Iconia W510 PC Tablet dengan Windows 8

Display: 10.1 inch ISP panel (1366 x 768 pixels), glossy
Processor: Intel Atom Z2760 (1.8 GHz)
Memory: 2 GB DDR2 RAM (800 MHz)
Storage: 32GB eMMC
Interface: Micro-USB, microSD card reader, Micro HDMI, Audio, USB 2.0 (keyboard dock)
Connectivity: Wi-Fi (a / b / g / n), Bluetooth 4.0, NFC
Dimensi Tablet: 259.5 x 169.5 x 8.78 mm / 574 g
Dimensi Keyboard Dock: 259.5 x 23.2 x 190 mm / 704 g
Sensors: position sensor, gyroscope, e-compass
Fitur lain: kamera 8-megapixel camera dan kamera 2-megapixel

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Design dan Kualitas Casing Acer Iconia W510 PC Tablet dengan Windows 8

Sama halnya dengan seri Iconia terdahulu, Acer Iconia W510 menggunakan casing berbahan plastik. Pemilihan bahan ini tentu memiliki keunggulan berupa bobot yang lebih ringan. Sekalipun menggunakan material plastik namun kekuatannya cukup stabil dan bisa diandalkan.

Bagian belakang tablet Acer Iconia W510 didominasi oleh warna perak (silver), mirip dengan Acer Iconia A510. Bagian layar sentuhnya dibingkai dengan plastik berwarna putih.

Sama halnya dengan bagian belakang tablet, keyboard dock Iconia W510 juga didominasi oleh warna silver kecuali tombol papan kunci yang diberi warna putih. Dominasi warna silver menjadikan Acer Iconia W510 seolah dibuat dari aluminium.

Layar Iconia W510 bisa dilipat (dorong) hingga mendekati 300° sehingga keyboard dapat difungsikan sebagai alas. Pada kondisi ini keyboard secara otomatis akan berada pada posisi off (tidak berfungsi).

Layar

Layar Acer Iconia W510 PC Tablet dengan Windows 8 berukuran 10.1 inch dengan resolusi 1366 x 768 pixels dengan tingkat contras yang cukup tinggi yaitu 1:999 dan brightness 263 cd / m². Meski menggunakan layar tipe glossy namun layar Iconia PC Tablet dengan Windows 8 lebih minim pantulan dibanding tablet sejenis sehingga lebih nyaman digunakan di luar ruangan.

Port dan Fitur Lain

Port-port yang disediakan oleh Iconia PC tablet dengan Windows 8 tidak jauh berbeda dari tablet-tablet keluaran vendor lain. Port yang tersedia adalah Micro-USB, audio dan micro HDMI. Sebagai tambahan Acer juga menyediakan port micro SD yang mendukung kapasitas memori hingga 32GB. Sementara pada bagian kanan keyboard dock nya bisa ditemukan satu lagi port USB 2.0/

Kamera 2 MP pada Iconia PC tablet dengan Windows 8 mampu merekam gambar dalam format Full FH (1080p). Gambar yang ditangkap oleh kamera bagian depan ini tidak terlalu baik sehingga hanya tepat digunakan untuk aktivitas Skyping dan sejenisnya.

Sementara itu kamera 8 MP di bagian belakang didukung dengan LED flash yang membantu menangkap gambar pada malam hari atau situasi yang minim pencahayaan. Untuk aplikasinya pihak Acer menambahkan Acer Crystal Eye disamping aplikasi yang sudah disediakan oleh sistem operasi Windows 8 sendiri.

Keyboard & TouchPad

Virtual keyboard pada Iconia PC tablet dengan Windows 8 memiliki tombol yang relatif lebih kecil dibanding virtual keyboard pada umumnya. Meski demikian keyboard ini masih cukup nyaman digunakan untuk mengetik dan bekerja dengan aplikasi pengolah kata (word processor).

TouchPad Iconia PC tablet dengan Windows 8 berukuran kurang lebih 77 x 47 mm. Untuk Productivity Mode (desktop mode) dimana Iconia W510 difungsikan sebagaimana halnya sebuah notebook, penggunaan mouse ekternal sangat direkomendasikan.

Acer Iconia W510 Review
Acer Iconia W510
Iconia PC tablet dengan Windows 8
Iconia PC tablet dengan Windows 8

Kualitas Suara

Volume suara yang dihasilkan oleh speaker pada Iconia PC tablet dengan Windows 8 tidak terlalu tinggi namun cukup baik untuk ukuran sebuah tablet. Sekedar untuk memainkan game atau memutar musik kualitas suara yang dihasilkan juga sudah terbilang cukup baik. Satu-satunya kritikan adalah peletakan speaker di bagian bawah yang rawan tertutup oleh tangan ketika digunakan dalam mode tablet.

Sama seperti smartphone atau tablet lainnya, untuk kualitas suara yang lebih baik maka disarankan menggunakan headset.

Tingkat Panas dan Kebisingan

Penggunaan prosesor Intel Atom pada Iconia PC tablet dengan Windows 8 memungkinkan sistem operasi berjalan dengan lancar di Iconia W510 tanpa kipas angin. Hasilnya tablet Acer Iconia W510 beroperasi tanpa suara, namun tidak cukup dingin.

Saat digunakan bagian belakang tablet dimana pengguna biasa meletakkan tangan menghasilkan panas hingga sekitar 44 ° C. Sementara pada bagian bawah dock keyboardnya tercatat hingga 45 ° C.

Performa Iconia PC tablet dengan Windows 8

Acer Iconia W510 menggunakan prosesor Intel Atom Z2760 Intel dengan kecepatan 1.8 GHz.
Prosesor ini cukup mumpuni untuk memutar film beresolusi Full HD dengan lancar di Iconia PC tablet dengan Windows 8. GPU nya sendiri memiliki kecepatan 533 MHz.

Kombinasi antara prosesor dan GPU tersebut sudah cukup baik untuk menjalankan UI terbaru Windows 8 dengan sangat mulus.

Iconia PC tablet dengan Windows 8 – Produktif dan Terjangkau

Iconia PC tablet dengan Windows 8 merupakan salah satu alternatif bagi siapapun yang sedang mencari tablet bersistem operasi Windows 8 dengan harga yang relatif terjangkau.

Kualitas layar Acer Iconia W510 sangat mengagumkan dan responsif, kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker tablet tersebut juga terbilang baik. Iconia PC tablet dengan Windows 8 merupakan gadget multifungsi yang bisa digunakan sebagai e-book reader, tablet dan sekaligus notebook.