Kepemimpinan Efektif 5: Fokus Pada Peluang

Fokus pada Peluang

photo credit: amystarrallen.com

Perubahan baik yang asalnya dari dalam maupun luar organisasi pada satu sisi membuka kesempatan namun pada sisi lain mendatangkan persoalan bagi organisasi.

Benar bahwa persoalan tidak bisa diremehkan dan sedapat mungkin harus bisa dikendalikan. Namun pemecahan masalah hendaknya tidak berfokus pada ancaman (masalah) yang ada melainkan difokuskan pada kesempatan. Eksploitasi masalah mencegah kerusakan atau kerugian yang mungkin terjadi, sebaliknya eksploitasi pada peluang menghasilkan produktivitas.

Seorang pemimpin efektif senantiasa memfokuskan dirinya pada peluang, pemimpin efektif terus-menerus bertanya pada diri sendiri bagaimana dirinya dapat memanfaatkan peluang yang muncul akibat adanya perubahan demi kepentingan organisasi.

Kondisi-kondisi yang umumnya mengakibatkan perubahan sekaigus membawa peluang antara lain:

  • Keberhasilan atau kegagalan tak terduga.
  • Perbedaan antara apa yang sudah dicapai dengan apa yang mungkin dicapai.
  • Inovasi baik yang terjadi dari dalam maupun dari luar organisasi.
  • Perubahan Lingkungan Sekitaran Eksternal (LSE) baik berupa perubahan demografis, persepsi nilai dalam masyarakat maupun pengetahuan baru.

Pemimpin Efektif harus memastikan jangan sampai ancaman atau persoalan yang ada mendominasi peluang-peluang yang ada.

Organisasi besar dan profesional pada laporan bulanan manajemen selalu meletakan laporan mengenai peluang pada halaman pertama dan laporan mengenai masalah pada halaman berikutnya. Ini dilakukan untuk menjaga iklim berfokus pada peluang bukan ancaman.