BlackBerry Curve 9360 Melengkapi Keluarga BlackBerry Curve

BlackBerry Curve 9360 adalah anggota terbaru dari keluarga BB Curve yang secara umum tidak banyak membawa perubahan dibanding seri sebelumnya. BB Curve 9360 tetap berfokus pada core nya sebagai smartphone yang membidik segmen korporat dan profesional yang membutuhkan komunikasi intens via e-mail.

Sebagai smartphone yang diperuntukkan untuk menunjang komunikasi via e-mail, tentu saja yang menjadi keunggulan dari BlackBerry Curve 9360 adalah full QWERTY keyboard-nya yang terletak di bawah layar berukuran 2.4 inch dengan resolusi 480 x 360 pixels.

Selain bekerja dengan jaringan GSM dan UMTS, BlackBerry Curve 9360 juga memiliki fasilitas koneksi via wireless. Selain itu untuk membantu pengguna dalam navigasi tersedia pula modul GPS. Fitur lain adalah kamera 5 MP yang diperlengkapi dengan stabilizer dan flash. Seri terbaru BB Curve ini sudah menggunakan sistem operasi BlackBerry OS versi 7.

BlackBerry Curve 9360

BlackBerry Curve 9360: Kaunggulan dan Kekurangan

Keunggulan: dari segi housing/casing, BB Curve 9360 boleh dibilang sempurna. Meski masih perlu perbaikan dibeberapa bagian namun secara keseluruhan smartphone BB Curve 9360 cukup tipis dan nyaman digenggam. Keyboard QWERTY nya juga nyaman digunakan terutama bagi Anda yang perlu mengetik e-mail yang panjang.

Sistem operasi terbaru dari BlackBerry juga lebih terasa user-friendly. Aktivitas browsing lebih nyaman berkat browser baru yang dibawa oleh BB Curve 9360. Ketajaman gambar layarnya adalah nilai positif lain yang boleh diacungi jempol.

Kekurangan: bukan bermaksud membanding-bandingkan, namun sekali lagi dengan terpaksa harus membandingkan BlackBerry Curve 9360 dengan ponsel Android. Dengan dukungan “Android Market” yang saat ini sudah tersedia kurang lebih 250.000 aplikasi rasanya ponsel buatan RIM tidak akan mampu mengimbangi. Lebih disayangkan lagi bahwa faktanya saat ini telah banyak tersedia aplikasi Android yang dirancang untuk pengguna segmen korporat dan profesional, sehingga suka tau tidak suka BB Curve 9360 harus berhadapan dengan ponsel-ponsel Android.

Beberapa pengguna mengeluhkan baterai yang cenderung boros terutama pada awal-awal pemakaian dan panas yang berlebih.

Hal lain yang patut disayangkan juga adalah ketiadaan layar sentuh pada BB Curve 9360, padahal untuk smartphone modern layar sentuh sudah menjadi sebuah syarat yang harus dipenuhi.

BlackBerry Curve 9360: Kesimpulan

Meski kondisi perusahaan secara keseluruhan tidak cukup kompeititf namun RIM masih mampu menghadirkan BlackBerry Curve 9360 yang patut mendapat pujian sekaligus masih mempertahankan core nya sebagai smartphone bagi segmen profesional dan korporat.

Bagi pengguna yang membutuhkan komunikasi via e-mail secara intens, rasanya BlackBerry Curve 9360 masih layak menjadi pilihan utama.