iPhone 5 Resmi Dirilis Tanggal 4 Oktober

iPhone 5 secara resmi akan dirilis ke pasar pada tanggal 4 Oktober 2011. Sejak pertama kali munculnya kabar bahwa Apple akan merilis pengganti iPhone 4 banyak rumor beredar di internet seputar spesifikasi dan harga iPhone 5.

Kabar dirilisnya iPhone 5 ini bahkan sudah tampak memengaruhi keputusan beli calon pelanggan termasuk para pengguna smartphone BlackBerry dan Android yang berencana mengganti smartphone lamanya dengan iPhone 5.

Pengguna BlackBerry dan Android beralih ke iPhone 5?

Sebuah perusahaan periklanan: InMobi mengemukakan hasil risetnya terhadap para pengguna Android dan BlackBerry terkait akan dirilisnya iPhone 5.

Data riset menyebutkan bahwa 27 persen pengguna smartphone Android menyatakan akan mengganti smartphone Android-nya dengan iPhone 5 dengan catatan seri terbaru ini benar-benar hadir dengan perubahan yang signifikan dibanding iPhone 4. Andaikata ponsel ini hanya merupakan pengembangan minor dari iPhone 4 maka hanya 11 persen pengguna smartphone Android yang akan beralih ke iPhone 5.

iPhone 5

Secara umum, 41 persen pengguna smartphone di AS dan Kanada menyatakan bahwa mereka akan membeli seri terbaru iPhone. InMobi meyakini bahwa hadirnya smartphone terbaru Apple ini bakal berdampak terhadap penjualan ponsel-ponsel Android secara signifikan.

Sebelumnya Nielsen melalui penelitiannya menyebut bahwa saat ini penjualan smartphone Android dua kali lipat lebih tinggi dibanding iPhone. Jika apa yang diungkap oleh InMobi benar maka kondisi tersebut akan segera berubah.

Spesifikasi iPhone 5 yang diharapkan

Bahkan jika iPhone 5 hanya membawa perubahan minor dibanding pendahulunya, jumlah pengguna Android yang akan beralih ke iPhone masih relatif besar angkanya. Prediksi ini berdasar hasil survei InMobi pada bulan Agustus yang melibatkan 1.000 pengguna ponsel dan AS dan 1.000 pengguna di Inggris.

Adapun perubahan spesifikasi iPhone 5 yang diharapkan para pengguna Android dan memungkinkan mereka beralih adalah layar yang lebih lebar, prosesor dan RAM yang lebih baik, kualitas kamera yang lebih tinggi serta dukungan 4G.

Memang benar bahwa spesifikasi tersebut di atas pada dasarnya sudah dipenuhi oleh sebagian besar ponsel Android. Namun demikian harus diakui bahwa sistem operasi iOS memiliki daya tarik tersendiri bagi pengguna karena dinilai lebih user friendly dibanding Android.

Karenanya, kecuali smartphone-smartphone Android mampu menghadirkan desain dan hardware yang jauh lebih canggih ketimbang iPhone maka besar kemungkinan penggunanya akan beralih ke iPhone 5.