LG Optimus 2x: Smartphone dengan Prosesor Dual Core

LG Optimus 2x

LG Optimus 2x atau dikenal juga sebagai LG P990 adalah smartphone pertama yang menggunakan dual prosesor. Dual prosesor jelas mengindikasikan kekuatan dan kecepatan yang lebih ketimbang ponsel bertenaga single-processor. Di beberapa negara, smartphone ini juga dikenal dengan sebutan LG Speed; melihat dari kecepatan yang dimiliki rasanya memang ponsel ini layak mengusung nama ‘speed’ di belakangnya.

Bukan hanya unggul dalam hal kecepatan, LG Optimus 2x juga dilengkapi dengan layar sentuh super lebar; 4-inch, 8GB internal memory dan 8 MP camera. Kamera tersebut juga sudah memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi Full-HD 1080p

Prosesor yang digunakan adalah prosesor Tegra 2 dari Nvidia yang masing-masing berkekuatan 1 gigahertz. Prosesor ini sangat sempurna dalam melakukan tugas-tugas multitasking.

Daya Tahan Battery

Sebagian besar orang agar berasumsi bahwa penggunaan hardware yang sedemikian canggih akan menjadikan LG Optimus 2x boros dalam penggunaan energi. Faktanya baterai tipe lithium-ion dengan kapasitas 1500mAH ini mampu bertahan selama dua hari tanpa perlu di-charge ulang. Daya tahan yang luar biasa untuk ukuran smartphone modern dimana rata-rata perlu di-charge setiap malam. Namun demikian tentu saja penggunaan GPS, WLAN dan Bluetooth yang terus-menerus yang mengurangi daya tahan baterai secara signifikan.

Dibandingkan dengan smartphone canggih lain seperti iPhone 4 atau HTC Desire HD dan Z, daya tahan baterai LG Optimus 2x tetap lebih unggul.

LG Optimus 2x

LG Optimus 2x: Ponsel super cepat dengan dual-core processor

LG Optimus 2x: Serba cepat

Dalam penggunaannya, dual-core processor yang diusung oleh Optimus 2x memang menunjukkan performa yang berbeda. Loading phone book dalam kapasitas penuh terasa sangat cepat seolah tanpa jeda. Proses scrolling pada touch screen juga terasa responsif dan mulus. Dari hasil tes performa grafis 3D dan 2D, LG Optimus 2x meraih skor 2662 yang artinya 70% lebih cepat dari Samsung i9000 S dengan skor 885 yang pernah menyandang predikat sebagai smartphone terbaik di dunia. Untuk kecepatan browser, Optimus 2x meraih skor 44.741 yang artinya mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yaitu HTC Desire S dengan skor 33.095. Dengan demikian Optimus 2x berhak mengklaim dirinya sebagai smartphone tercepat di dunia.

6,8 GB dari total 8 GB internal memory pada ponsel ini dalam kondisi free, atau tidak digunakan oleh sistem. Belum lagi ketersediaan slot micro-SD yang bisa di-upgrade hingga 32 GB.

Fitur Melimpah

Sebagai sebuah mobile-office, performa dan fasilitas yang disediakan oleh Optimus 2x sungguh luar biasa. Dalam hal konektivitas, ponsel ini support MUTS, HSDPA dan HSUPA. Software untuk editing file-file office seperti Word, Excel, Power Point dan bahkan file PDF sudah tersedia didalamnya. Virtual keyboard pada layar sentuhnya juga cukup lebar, jarak antar kunci tertata dengan baik sehingga meminimalisir kemungkinan salah ketik.

Ponsel ini juga bisa digunakan sebagai modem internet baik melalui kabel USB (tethering) maupun hotspot (WLAN)

Google Maps versi 5.3.0 yang terinstall pada LG Optimus 2x menawarkan menu super lengkap termasuk adanya mode untuk pejalan kaki. Meski berfungsi dengan baik namun Google Maps masih belum sebaik Nokia Maps yang secara interface masih lebih meyakinkan.

Multimedia dan Keyboard

Selama bertahun-tahun ponsel keluaran LG selalu dikenal dengan kemampuan kamera-nya yang memuaskan. Tampaknya LG ingin mempertahankan predikat itu pada LG Optimus 2x. Kamera ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mungkin sulit ditemukan pada merk lain. Selain ketersediaan auto focus dan mode makro, ketajamannya bisa diatur secara manual. Fitur lain seperti face recognition, self-timer, 7 color effects, geotagging, 5 scene modes dan bahkan image stabilizer bisa ditemukan di ponsel ini. Pengguna juga bisa mengatur nilai ISO pada kamera Optimus 2x. Masih banyak lagi fitur di dalamnya, dari segi kecepatan kamera ini hanya membutuhkan jeda 0.2 detik, rekor yang fantastis untuk sebuah smartphone.

Telah disebut pula sebelumnya bahwa kamera ini juga merekam video pada resolusi 1080p, sebagai tambahan tersedia pula micro-HDMI yang memungkinan koneksi langsung dari LG Optimus 2x ke televisi. Sayang pengguna harus membeli sendiri kabelnya karena tidak termasuk dalam paket.

Optimus 2x menggunakan sistem operasi Android 2.2, sehingga media player-nya juga merupakan standard dari sistem operasi ini. Equalizer-nya menyediakan 20 pilihan, sayang tidak bisa diedit secara manual.

Meski media player-nya standard namun kualitas audio yang dihasilkan sama sekali tidak standard. Kualitas audio-nya mantap, natural dan jernih, bahkan hampir mendekati kualitas audio iPhone 4.

Kunci/tombol pada keyboardnya berukuran 7,6 x 5,4 mm yang artinya sekitar 24% lebih besar dari ukuran tombol rata-rata smartphone. Karenanya kemungkinan terjadi salah ketika sangatlah minim. Sayangnya tombol titik dan koma tidak termasuk di antaranya, keduanya tersedia di bagian ‘special characters’ sehingga terasa kurang praktis

LG Optimus 2x

Kualitas audio-nya nyaris setara iPhone 4

Fitur ‘speech to tex’ juga tersedia, tentu saja untuk bahasa Inggris dan perlu koneksi internet untuk menggunakannya. Kemampuannya dalam mengenali perintah suara cukup baik, setidaknya untuk pesan-pesan yang sifatnya personal/non resmi.

Kesimpulan

Bagi Anda yang merasa terganggun dengan lambatnya respon ponsel dalam membuka aplikasi maka LG Optimus 2x adalah pilihan yang tepat. Dual-core prosesornya menjadikan ponsel ini luar biasa dalam hal kecepatan, bahkan hingga saat ini belum ada smartphone lain yang se-responsif dan secepat Optimus 2x.

Luar biasanya, ponsel super cepat ini dijual di Indonesia dengan kisaran harga yang sama dengan Blackberry 9800 Torch. Jadi jika chit-chat via BBM bukan hal mutlak bagi Anda maka dengan nilai uang yang sama LG Optimus 2x memberikan value yang lebih tinggi.

Fitur dan spesifikasi:

  • 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 3G Network HSDPA 900 / 2100
  • DISPLAY Type TFT capacitive touchscreen, 16M colors Size 480 x 800 pixels, 4.0 inches – Accelerometer sensor for UI auto-rotate – Proximity sensor for auto turn-off – Gyro sensor – Touch-sensitive controls
  • 8 GB storage, 512 MB RAM, 3G HSDPA, 10.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot Bluetooth Yes, v2.1 with A2DP Infrared port No USB Yes, microUSB v2.0
  • CAMERA Primary 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash, check quality Features Geo-tagging, face and smile detection, touch focus, image stabilization Video Yes, 1080p@24fps, 720p@30fps, check quality
  • CAMERA Secondary, 1.3 MP
  • OS Android OS, v2.2 (Froyo), upgradable to v2.3
  • CPU Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 proccessor, ULP GeForce GPU, Tegra 2 chipset