Motorola DROID 2: Smartphone Dengan Dual Keyboard

Motorola DROID 2: Mencoba mengulang kesuksesan DROID X

Motorola DROID 2 atau dikenal juga sebagai Motorola Milestone 2 adalah salah satu versi terbaru seri DROID keluaran Motorola. Setelah sukses dengan Motorola DROID X beberapa waktu sebelumnya, Motorola tentu berharap bahwa DROID 2 akan sukses seperti pendahulunya. Seri terbaru dari Motorola DROID ini memiliki desain yang elegan dan performa yang menjanjikan, sebuah ancaman serius bagi para kompetitor di kelasnya.

Motorola DROID 2 mengkombinasikan antara slide-out QWERTY keyboard dengan touch-screen sama halnya dengan DROID X. Dengan dimensi 4.6 x 2.4 x 0.5 inches, Motorola DROID 2 terbilang cukup bulky untuk ukuran smartphone masa kini. Wajar saja mengingat rata-rata smartphone hanya menggunakan layar sentuh saja tanpa slide-out QWERTY keyboard. Dual keyaboard pada Motorola DROID 2 memberi lebih banyak pilihan kepada pengguna. Untuk pesan singkat maka pengguna bisa mengoperasikan melalui layar sentuh cukup dengan satu tangan. Sementara untuk pesan yang lebih panjang atau membaca dokumen tentu QWERTY keyboard lebih nyaman.

Motorola DROID 2

Sama seperti DROID X, Motorola DROID 2 mengusung layar 3.7 inch yang tajam dan terang. Baik DROID X maupun DROID 2 keduanya menggunakan jenis layar yang sama, sehingga tak ada perbedaan antara keduanya dalam hal ini. Layar ini masih belum sebaik layar pada iPhone 4 tapi cukup nyaman untuk operasional sehari-hari termasuk membaca dokumen format Office maupun PDF.

Motorola DROID 2: Perfoma dan Multimedia

Motorola DROID 2 menggunakan prosesor yang berbeda dari pendahulunya. DROID 2 menggunakan prosesor 1.2 GHz. Memory-nya juga lebih besar ketimbang DROID X yaitu 512 MB ditambah dengan 8 GB internal memory yang bisa di-upgrade hingga 32 GB.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android versi 2.2. Perpaduan antara prosesor 1.2 GHz dan Android 2.2 menghasilkan performa yang memuaskan. Software MOTOBLUR bawaan Motorola memberikan kemudahan akses pada situs jejaring sosial dan memungkinkan sinkronisasi antara kontak pada akun FB dengan kontak pada phone book.

Kamera 5 MP-nya menghasilkan kualitas gambar dan video berkualitas rata-rata. Video direkam pada resolusi 720p pada kecepatan 29 fps. Kualitas audionya pun rata-rata.

Baterai pada Motorola DROID 2 bertahan selama 9 jam (talk tme) pada jaringan GSM dan 6 jam pada jaringan UMTS. Dalam mode stand by, baterainya mampu bertahan hingga 140 jam. Perlu diingat bahwa penggunakan wireless dan GPS yang terus menerus akan mengurangi kemampuan baterai secara signifikan. Pada kondisi ini baterainya bahkan tidak akan bertahan lebih dari 8 jam.

Kesimpulan

Bagi pengguna yang cenderung memlilih smartphone dengan dual keyboard, Motorola DROID 2 adalah pilihan yang tepat, meski lebih mahal namun ponsel ini memberikan performa yang jauh lebih baik ketimbang seri terbaik dari Blackberry sekalipun. Smartphone android ini menawarkan prosesor yang bertenaga, memory berkapasitas besar dan sistem operasi yang fleksible untuk mengakomodir hampir semua kebutuhan. Sayangnya, ketajaman layar dan kecepatan internet yang disediakan oleh Motorola DROID 2 mengorbankan daya tahan baterainya.

Fitur dan Spesifikasi:

  • Android 2.2
  • 3.7-inch touchscreen
  • QWERTY keyboard
  • 1.2 GHz processor
  • Google mobile services including Google Maps with Navigation for voice prompted turn-by-turn directions
  • 8 GB internal plus 8 GB preloaded microSD memory;
  • Wireless-N Wi-Fi networking;
  • Bluetooth stereo music;
  • 5-megapixel camera/camcorder
  • Up to 8.33 hours of talk time, up to 230 hours (9+ days) of standby time