Review Acer Iconia Tab A510 Tablet – Best Value for Money

Acer memperkenalkan tablet terbarunya tepat sebelum dimulainya event Olimpiade beberapa waktu lalu. Tablet dengan layar 10” dan mengusung prosesor quad core Nvidia Tegra 3 ini dilabeli dengan nama Acer Iconia Tab A510. Dipatok dengan harga AUD 492, Acer Tab A510 ini menggunakan sistem operasi Android ICS dan internal memory sebesar 32GB.

Acer Iconia Tab A510 Harga

Sebagai penerus dari seri sebelumnya yaitu A500, layar 10” Acer Iconia Tab A510 juga memiliki resolusi 1280 x 800 pixels dalam format 16:10. Memang dari segi layar tidak ada perubahan dari seri sebelumnya, sebab yang menjadi andalan dari seri A510 ini adalah sistem operasi ICS dan Nvidia Tegra 3. Hal lain yang baru dari Iconia Tab A510 ini adalah ketersediaan port HDMI dan USB 2.0.

Dengan harga yang jauh lebih murah dari Samsung Galaxy Tab 2.0, Acer Iconia Tab A510 jelas menarik perhatian calon konsumen. Di pasaran untuk saat ini yang menjadi rival Acer Iconia Tab A510 selain Galaxy Tab 2.0 10.1 adalah Asus Transformer Pad TF300T dan iPad generasi ketiga (the New iPad).

Desain dan Casing Acer Iconia Tab A510

Sekilas casing Iconia Tab A510 tak berbeda dengan A500. Sudut yang melingkar dan warna silver di bagian tepi menjadi ciri khas tablet keluaran Acer. Casingnya terbuat dari plastik, sedangkan bagian belakangnya berlapis karet. Secara keseluruhan tampaknya tidak ada kritik yang bisa diberikan untuk casing Acer Iconia Tab A510.

Dari segi warna, Acer menyediakan dua warna pilihan yaitu silver dan hitam. Oleh karena peluncurannya bersamaan dengan posisi Acer sebagai salah satu sponsor event Olimpiade maka selain logo Acer di bagian belakang bisa ditemukan logo resmi Olimpiade dan logo Dolby Digital Plus.

Acer Iconia Tab A510 Indonesia

Dengan tinggi sekitar 11 mm, sudut melengkung dan lapisan karet di bagian belakang tablet ini cukup nyaman di tangan. Dengan bobot sekitar 681 gram memang Iconia Tab A510 lebih berat ketimbang para kompetitor sekelasnya. Meski demikian dibanding pendahulunya (A500) jelas sudah banyak pengurangan bobot di seri A510 ini.

Lebih Jauh tentang Acer Iconia Tab A510

Tombol daya (power) dan lubang untuk headsets bisa diketemukan pada bagian kiri. Di bagian atas terdapat tombol pengatur volume. Sedangkan port HDMI terletak di sebelah kanan, tepat di sebelahnya terdapat slot untuk memasukkan microSD card . Sementara Micro USB port di bagian bawah. Port Micro USB ini selain berguna sebagai konektor dengan USB disk atau komputer juga digunakan sebagai port pengisi daya.

Dalam hal konektivitas perlengkapan yang tersedia pada Acer Iconia Tab A510 bisa dikatakan standard. Selain Wi-Fi 802.11 b / g / n, A510 juga menyertakan Bluetooth 2.1 + EDR. Sebagai catatan tablet lain sekelasnya sudah menyediakan port Bluetooth 3.0 atau bahkan 4.0. Meski demikian untuk saat ini sepertinya apa yang disediakan oleh Acer sudah cukup, mengingat Bluetooth 2.1 masih cukup populer digunakan hingga sekarang.

Perangkat Lunak

Saat ini telah tersedia update versi 4.0.3 untuk Acer Iconia Tab A510. Kombinasi antara sistem operasi ICS keluaran Google dan prosesor quad core buatan Nvidia menghasilkan performa yang baik bagi Acer Tab A510. Dari segi tampilan antar muka (UI), Acer nampaknya masih belum bisa disetarakan dengan HTC Sense atau TouchWiz (Samsung) yang cukup menarik.

Kamera

Acer Iconia Tab A510 dilengkapi dengan dua kamera. Kamera 5 MP di bagian belakang dengan dengan auto fokus merekam gambar dengan ukuran maksimal 2592 x 1944 pixels. Sementara untuk merekam video kamera ini sanggup menyimpan dalam resolusi Full HD (1080 p).

Kamera utama menghasilkan kualitas gambar yang cukup baik untuk ukuran sebuah tablet. Cara pengoperasian cukup sederhana dan tak banyak berbeda dengan kamera tablet pada umumnya.

Sementara di bagian depan terdapat kamera dengan resolusi 1 MP untuk keperluan Skyping dan sejenisnya.

Perlengkapan Standar

Acer Iconia Tab A510Di dalam kardus selain tablet Acer Iconia Tab A510 terdapat pula 1 unit power supply (18 watt), USB adaptor dan buku petunjuk. Jika Anda membutuhkan microSD card maka harus membelinya secara terpisah.

Acer memberikan garansi 12 bulan plus bonus voucher senilai $100.

Layar Acer Iconia Tab A510

Sebagaimana sudah disebut bahwa layar Acer Iconia Tab A510 berukuran 10” dengan 1280 x 800 pixels dalam format 16:10. Jenis layar yang digunakan adalah IPS (in-plane switching).

Kualitas layar Acer Iconia Tab A510 boleh dibilang memuaskan. Secara keseluruhan kualitasnya tak banyak berbeda dengan Asus Transformer Pad TF300T dan Samsung Galaxy Tab 2 10.1.

Untuk pengunaan di luar ruangan, layar Acer Iconia Tab A510 juga cukup bisa diandalkan meski belum menggunakan layar jenis matte.

Sudut penglihatannya (viewing angle) juga cukup stabil baik vertikal maupun horizontal.

Acer Tab A510

Performa Acer Iconia Tab A510

Komninasi prosesor Nvidia Tegra 3 System-on-a-Chip (Soc) dan memory DDR2 sebesar 1 GB menjadikan Acer Iconia Tab A510 sebagai salah satu tablet tercepat yang ada di saat ini.

Berkat kombinasi keduanya juga waktu loadng dan perpindahan antar aplikasi terasa cepat dan lancar.

Pada browser benchmark, Acer Iconia Tab A510 lebih unggul dibanding Samsung Galaxy Tab 2 10.1, Asus Transformer Pad TF300T maupun the New iPad. Namun dalam Smartbench 2012 (gaming benchmark), Asus TF300T menjadi pemenang di antara rival-rivalnya. Pada benchmark dengan Google V8 lagi-lagi Iconia Tab A510 mengungguli para kompetitor.

Emisi

Jika harus menyebut kelemahan Acer Iconia Tab A510 maka itu adalah panas yang dihasilkan. Bahkan saat penggunaan normal pun tablet ini terasa hangat. Meski demikian panas yang dihasilkan masih lebih rendah jika dibanding TF300T, New iPad maupun Galaxy Tab 2.

Speaker

Acer Iconia Tab A510 mengusung dua speaker stereo yang terletak di bagian bawah. Kualitasnya cukup baik meski tidak bisa disebut memuaskan. Untuk memutar musik secara umum bisa dibilang baik meski bass-nya kurang mantap. Jika dirasa kurang maka port 3.5mm dan micro HDMI memungkinkan koneksi dengan headset atau speaker eksternal.

Speaker Acer Iconia Tab A510

Daya Tahan Battery

Pada pengujuan menggunakan StabilityTest dengan setting layar diposisikan maksimal plus kondisi WiFi aktif Acer Iconia Tab A510 bertahan selama 4 jam sebelum membutuhkan pengisian ulang (recharging). Sebaliknya pada tingkat setting layar minimal tanpa WiFi Acer Iconia Tab A510 bertahan hampir 18 jam.

Untuk pengujuan “surfing via WLAN” yang bisa dikatakan merupakan kondisi paling wajar dalam penggunaan sehar—hari (layar 150cd/ m², WiFi aktif) Iconia Tab A510 sanggup bertahan hampir selama 8 jam. Pada kondisi yang sama Galaxy Tab 2 10.1 bertahan selama hampir 12 jam, the New iPad 9 jam 30 menit dan TF300T 6 jam 18 menit.

 

Penutup

Secara umum Acer Iconia Tab A510 memberi kesan yang positif. Kombinasi prosesor Nvidia Tegra 3 dan RAM sebesar 1 GB menghasilkan performa yang sangat memuaskan. Meski dari segi desain tak banyak berubah dari seri sebelumnya namun tetap layak diberikan nilai positif.

Ketersediaan port HDMI dan USB, slot microSD card, sistem operasi Ice Cream Sandwich (ICS) dan daya tahan battery yang lama menambah point plus untuk tablet keluaran Acer ini.

Tidak ada kritik pula yang bisa diberikan untuk kualitas layar 10” nya, meski penggunaan layar non glossy (matte) bisa dipertimbangkan oleh produsen untuk pengembangan produk kedepan.

Panas masih menjadi masalah yang juga perlu diatasi untuk pengembangan produk, meski kompetitor juga menghadapi masalah yang sama. Tidak tersedianya versi 3G juga menjadikan pengguna Iconia Tab A510 sangat bergantung pada koneksi WiFi. Meski tethering dari smartphone atau penggunaan pocket WiFi bisa menjadi alternatif namun terasa kurang praktis.

Secara keseluruhan untuk harga AUD 492 yang berarti di bawah kompetitor (TF300T, New iPad dan Galaxy Tab 2 10.1), Acer Iconia Tab A510 layak disebut Best Value for Money Tablet of 2012!!