Samsung RF711: Notebook Untuk Multimedia

Di Indonesia, nama Samsung mungkin lebih identik dengan smartphone, tablet atau bahkan mesin cuci. Ketika berbicara mengenai notebook jarang sekali konsumen Indonesia yang melirik merk ini. Padahal faktanya Samsung sudah beberapa kali suskes meluncurkan produk dalam kategori ini. Bahkan Google pun menunjuk pabrikan Korea ini sebagai perakit Google Chromebook.

Salah satu notebook terbaik keluaran Samsung adalah RF711. Notebook ini diposisikan sebagai notebook segmen high-end dengan standar multimedia yang sangat tinggi. Tengok saja: prosesor Intel Core i7 2630QM, 6 GB DDR3, dua hardisk masing-masing berkapasitas 500 GB dan untuk urusan grafis Samsung mempercayakan pada Nvidia GeForce 540M GT dengan 2048 MB VRAM.

Untuk urusan layar, resolusi default-nya cukup tinggi yaitu 1600 x900 pixels. Sementara ukuran layarnya sendiri adalah 17.3 inch dan merupakan layar hemat energi.

Sebutan sebagai notebook multimedia makin kental dengan hadirnya sebuah built-in Blu-ray drive. Bahkan jika dikehendaki, Anda bisa menyambungkan ke perangkat home theater melalui port HDMI yang tersedia. Selaiin itu masih ada port VGA, 4 buah port USB 2.0/2.x/2.x/3.0), audio in/out dan 4-in1 memory card reader.

Dilihat dari spesifikasinya, sudah pasti Anda akan terkesima dengan deretan data yang tersedia. Performa sesungguhnya memang tidak mengecewakan, bahkan Samsung RF711 mampu menjalankan game-game 3D terbaru dengan halus dan lancar. Berkat ukuran layarnya yang terbilang lebar, notebook ini juga sangat ideal bagi Anda yang bekerja di bidang video editing.

Namun yang paling istimewa, setidaknya bagi saya adalah suhu yang terjaga stabil bahkan ketika menjalankan aplikasi-aplikasi berat sekalipun. Selain itu suaranya terbilang senyap dan tidak berisik. Dari segi design casing-nya, Samsung RF711 terlihat kokoh dan solid. Sangat cocok bagi Anda yang harus sering membawa notebook kemana-mana.

Samsung RF711

Samsung RF711
bukannya tanpa kelemahan, mungkin tidak semua orang menganggapnya sebagai isu penting dan bahkan mungkin tak semua orang menyadari bahwa layarnya tidak cukup kuat menghasilkan kontras warna dan cenderung gelap. Tipe layar yang non-reflektif juga menjadikan notebook ini tidak nyaman digunakan di luar ruangan.

Jika Anda bisa menerima kekurangan yang ada pada layarnya, maka Samsung RF711 adalah notebook yang menjanjikan performa luar biasa. Dan terlepas dari kekurangannya Samsung RF711 menjanjikan harga yang terjangkau untuk sebuah notebook dengan spesifikasi yang tinggi.

Lazada Indonesia