Review HTC 8X – WP 8 Smartphone dari HTC

HTC memperkenalkan produk terbarunya HTC 8X yang merupakan satu dari beberapa smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi WP 8 (Windows Phone 8). Ponsel WP 8 dari HTC mengkombinasilan antara spesifikasi hardware yang mumpuni dengan kenyamanan sistem operasi Windows Phone 8 dari Microsoft.

HTC 8X Indonesia

Mengusung layar sentuh tipe IPS dengan resolusi 720p, prosesor Snapdragon S4 dengan kecepatan 1.5 GHz dan memory sebesar 1GB, HTC 8X berhadapan langsung dengan rivalnya Nokia Lumia 920 yang mendapat dukungan eksklusif dari Microsoft.

Penampakan HTC 8X

HTC adalah salah satu perusahaan ponsel yang gemar menerapkan desin unibody pada produk-produknya. Sama halnya dengan seri X (HTC One V, One S dan One X), 8X juga menerapkan desain unibodi. Keuntungan dari unibody adalah desain yang lebih ramping, meski untuk mencapai kerampingan ini harus mengorbankan ketiadaan slot memory card dan baterai yang mudah diganti. Namun ketiadaan slot memory bukan sesuatu yang baru tentunya bagi penggemar sistem operasi Windows Phone.
Di pasaran HTC 8X tersedia dalam empat varian warna yang menarik.

Tampilan ponsel bersistem operasi WP 8 dari HTC ini sangat menarik. Bahkan secara subjektif saya menilai dari segi desain jauh lebih menarik HTC 8X dibanding iPhone 5.

Dobandingkan dengan kompetitornya Lumia 920, ukuran casing keduanya tidak jauh berbeda. Lumia 920 memiliki dimensi 130.3 x 70.8 x 10.7 mm, sementara 8 X 132.4 x 66.2 x 10.2mm.

Layar Nokia Lumia 920 sedikit lebih lebar ketimbang 8X namun dalam hal bobot, HTC lebih ringan sekitar 55 gram dibanding rivalnya.

Di Balik Casing HTC 8X

Saat ini ponsel WP8 keluaran HTC tersedia dengan internal memory sebesar 16GB dimana 14.56 tersedia untuk digunakan sementara sisanya sudah dicadangkan untuk operasional.

HTC 8X dilengkapi dengan modu Wi-Fi 802.11 a / b / g / n. Bluetooth versi 3.1 dan NFC. Kecepatan koneksi internet dilayani dengan HSPA +.

Seperti umumnya smartphone modern, 8X mengusung dua kamera. Kamera utama di bagian belakang memiliki resolusi 8 MP serta dilengkapi autofocus, lampu LED dan sensor BSI untuk menjamin kualitas gambar dalam kondisi minim cahaya. Untuk merekam klip kamera ini sanggup menyimpan dalam resolusi full HD (1080p).

Secara umum kualitas kamera 8 MP milik HTC 8X bisa disejajarkan dengan kualitas kamera “saudaranya” yaitu HTC One X ataupun Samsung Galaxy S III.

Sementara kamera depan dengan resolusi 2.1MP lebih ditujukan untuk keperluan video calling seperti Skyping dan sebagainya. Meski demikian kamera tersebut juga bisa merekam video dengan resolusi 1080p.

Kualitas gambar yang dihasilkan cukup jernih dan natural meski tidak sejernih gambar yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy S III.

Software

Meski dari segi spesifikasi hardware saja HTC 8X sudah cukup mempesona namun sebenarnya daya tarik utama dari ponsel HTC ini adalah sistem operasinya; Windows Phone 8. Sekilas dari tampilan antar muka nya (User Interface) tidak terlalu beda dari versi sebelumnya (WP 7), namun di balik itu sebenarnya banyak perubahan yang dilakukan oleh Microsoft.

Salah satu fitur baru yang menarik dari WP 8 adalah keberadaan corporate account yang memungkinkan perusahaan mengontrol ponsel WP 8 jika memang ponsel tersebut adalah milik perusahaan. Sebagai contoh pihak perusahaan bisa menghapus atau mengunci data di dalam ponsel dari jauh. Melalui fitur ini Microsoft ingin “menggoda” korporasi untuk menjadikan ponsel-ponsel WP sebagai pilihan utama. Microsoft tampaknya jeli menangkap peluang pasar segmen korporat yang sebelumnya dikuasai RIM dengan BlackBerry nya. Jatuhnya citra merk dan produk BlackBerry bisa jadi merupakan daya ungkit popularitas Windows Phone.

Seperti biasa, sistem operasi WP menawarkan tingkat sensitivitas operasional melalui layar sentuh yang intuitif dan mudah dipahami bahkan bagi mereka yang belum pernah menggunakan ponsel WP sekalipun. Dan yang terbaik dari OS baru ini adalah integrasi yang baik untuk semua jenis device yang menggunakan Windows 8 baik komputer PC, tablet dan ponsel.

Secara umum sistem operasi Windows Phone 8 bekerja dengan sangat baik, handal dan mudah dioperasikan.

Paket HTC 8X

Dalam boks HTC 8X selain handset tersedia pula headset dan charger. Meski di bagian belakang handset terdapat logo Beats Audio namun sayangnya headset yang ada di dalam boks bukan keluaran merk tersebut.

HTC menggaransi 8X selama dua tahun untuk handset dan setahun untuk aksesorisnya.

HTC 8X Windows Phone 8

Layar

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa berkat sistem operasi WP 8, layar sentuh HTC 8X sangat sensitif jauh lebih sensitif dibanding ponsel-ponsel Android.

Layarnya sendiri berukuran 4.3 inch, meski ukuran tersebut terbilang biasa untuk ukuran ponsel masa kini namun tetap saja kualitas layar HTC 8X dengan resolusi HD 720p (1,280 x 720 pixels) cukup mengesankan. Wajar saja jika layarnya mengesankan mengingat pixel density-nya mencapai 342 dpi yang berarti lebih tinggi dari Samsung Galaxy S III dengan 306 dpi. Jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Nokia Lumia 920, layar HTC 8X masih sedikit lebih unggul karena Lumia 920 “hanya” memiliki 332 dpi.

Layar sentuh super LCD2 ini dilapisi dengan Gorilla Glass 2 dan mengusung teknologi IPS.

Performa

HTC sejak awal terang-terangan ingin menjadikan 8X sebagai ponsel terbaik di jajaran Windows Phone 8, karenanya hardware yang diusungnya juga tidak main-main. Sumber tenaga dipercayakan pada prosesor Qualcomm Snapdragon S4 MSM8260A dengan kecepatan 1.5 GHz. Untuk GPU dipercayakan pada Adreno 225. Dari segi hardware HTC 8X sama persis seperti rivalnya: Lumia 920.

Hasil benchmark dengan AnTuTu v2 HTC 8X mencatat skor 42% lebih tinggi dibanding HTC One S yang menggunakan OS Android, padahal keduanya memiliki spek yang sama. Kemungkinan besar perbedaan performa ini disebabkan oleh perbedaan sistem operasi antara keduanya.

Saat dilakukan pengujian transfer data dari komputer PC ke smartphone, data sebesar 10GB bisa dipindahkan dalam waktu 12 menit 32 detik. Memutar film terbaru James Bond “Skyfall” yang memiliki resoulusi full HD tidak ada gejala lag yang diketemukan.

Untuk pengujian dengan game sedikit menemui kendala karena tidak banyak game yang ditawarkan untuk Windows Phone. Namun game “3D Brutal Chase” berjalan dengan sangat baik di ponsel ini.

Kembali ke fungsi dasar ponsel untuk bertelepon, dalam pengujian kualitas suara HTC 8X terbilang sangat baik. Bahkan di dalam mobil yang berjalan (sebagai penumpang) di keramaian lalu lintas pun suaranya masih cukup jelas.

Temperatur

Saat dipaksa bekerja maksimal dalam pengujian ditemukan suhu hingga 40 derajat Celcius dari connector micro USB. Dalam kondisi idle temperatur tetap nyaman di bawah 30 derajat Celcius kecuali di daerah charging port yang kemungkinan panas tersebut berasal dari SoC.

Daya Tahan Baterai

Diuji dengan Coltcraft VC 940 saat kondisi idle HTC 8X mengkonsumsi daya sebesar 2 hingga 2.6 w. HTC One S dan One X masing-masing mengkonsumsi daya 0.6 dan 1.8 w lebih rendah. Pada saat dipacu maksimal kebutuhan daya mencapai 3.7 hingga 5.6 w. Setara dengan HTC One X (5.8 w). Sebagai perbandingan Samsung Galaxy S III pada kondisi yang sama hanya mengkonsumsi daya sebesar 3.4 w.

Pada kondisi baterai penuh (fully charged) HTC 8X sanggup bertahan selama 14 jam 58 menit pada kondisi idle. Saat dipaksa digunakan secara intensif (aplikasi berjalan, tingkat brightness maksimum) dengan koneksi 3G dan WiFi diperoleh waktu 1 jam 55 menit. Proses pengisian daya sendiri memakan waktu 3 jam 1 menit.

Penutup

Secara keseluruhan HTC 8X meninggalkan kesan positif. Sistem operasi WP 8 terbukti sebagai OS yang tangguh dan intuitif. Ponsel-ponsel WP 8 sangat mudah disinkronisasikan dengan tablet maupun komputer PC yang sama-sama menggunakan OS keluaran Micosoft.

Fitur “Company App” menjadi nilai tambah bagi WP 8 yang mendukung kebutuhan korporat. Microsoft telah menyelesaikan pekerjaan yang luar biasa lewat WP 8.

Dari segi handset HTC 8X sendiri, ponsel ini menunjukkan performa yang sangat baik. Layar IPS menghasilkan kualitas gambar natural dan mudah dioperasikan. Jika harus menyebut kelemahan ponsel HTC ini bisa jadi adalah ketiadaan slot memory card. Namun lagi-lagi memang slot ini faktanya tidak pernah menjadi bagian dari smartphone WP maupun iOS. Bahkan beberapa ponsel Android terbaru seperti HTC One X dan Nexus 4 pun tidak dilengkapi dengan slot ini.

Untuk kelemahan sistem operasi, lagi-lagi jumlah aplikasi yang disediakan untuk WP melalui “Marketplace” masih kalah jauh dibanding iOS maupun Android. Meski demikian tak diragukan lagi bahwa HTC 8X layak dipertimbangkan sebagai alternatif ponsel iOS maupun Android.