Samsung Galaxy Nexus vs Samsung Galaxy S2

Samsung Galaxy S II telah terjual lebih dari 10 juta unit sejak pertama kali diluncurkan, tentu fakta tersebut bisa dijadikan salah satu indikator kualitas dari smartphone terbaik di dunia saat ini.

Namun kehadiran Samsung Galaxy Nexus, sang adik kandung yang lahir sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan system operasi Android 4.0 bagi beberapa kalangan dianggap bakal menggoyang kedudukan Galaxy S II sebagai smartphone terbaik.

Tentu sekedar membandingkan angka penjualan saja tidaklah mungkin mengingat bahwa Samsung Galaxy Nexus baru diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Namun ada beberapa hal yang bisa diperbandingkan sekaligus merupakan perbedaan mendasar dari keduanya.

Samsung Galaxy Nexus

Samsung Galaxy Nexus GT-i9250

Design

Ditilik dari desain keduanya tak banyak perbedaan kecuali dalam hal dimensi. Samsung Galaxy Nexus yang memiliki dimensi 13.5 x 1.2 x 6.8 cm sedikit lebih besar ketimbang Galaxy S II yang berdimensi 6.6 x 0.8 x 12.5 cm. Galaxy Nexus juga memilki bobot 41 gram lebih berat ketimbang S II.

Bagi sebagian orang mungkin perbandingan dimensi bukan persoalan penting tapi perlu diingat bahwa dimensi memengaruhi persepsi mengenai kualitas sebuah gadget ketika dalam genggaman sekaligus berdampak pada kenyamanan mobilitas.

Dalam hal desain, baik Samsung Galaxy S II maupun Samsung Galaxy Nexus memberikan kesan positif. Dengan kata lain keduanya setara dalam hal desain.

Layar Display

Sekilas layar display adalah hal paling menonjol yang layak diperbandingkan diantara keduanya.

Dari segi ukuran, Galaxy S II memilki layar yang lebih kecil yaitu 4.3 inch dengan resolusi 480 x800p, 217 ppi dengan teknologi Super AMOLED Plus.

Sementara itu Galaxy Nexus mengusung layar 4.6 inch bersolusi 720 x 1280p, 316 ppi dan teknologi Super AMOLED HD.

Meski menggunakan teknologi yang diberi label berbeda tapi pada prakteknya tak banyak terasa perbedaan antara Super AMOLED Plus milik Galaxy S II dengan Super AMOLED HD pada Galaxy Nexus.

Rasanya “embel-embel” HD pada layar Galaxy Nexus lebih merupakan marketing gimmick ketimbang benefit. Malahan ketiadaan teknologi anti gores pada laya Galaxy Nexus menjadikan smartphone resmi Google ini rentan goresan dan noda-noda sidik jari.

Samsung Galaxy SII

Samsung Galaxy SII GT-i9100

Prosesor dan OS

Kedua smartphone sama-sama dipersenjatai oleh prosesor inti ganda 1.2 HGz. Ketangguhan ARM Cortex A9 tak perlu diragukan. Perbedaan intinya justru terletak pada chipset yang digunakan. Hasilnyanya, Galaxy S II lebih mumpuni dalam menjalankan game, video editing dan aplikasi rakus sumber daya lainnya.

Samsung Galaxy S II masih menjalankan system operasi Android Gingerbread plus TouchWiz 4.0 milik Samsung. Sementara sang adik, Galaxy Nexus sudah menggunakan Android Ice Cream Sandwich yang menawarkan lebih banyak fitur seperti transfer via NFC dan melepaskan “key locked” dengan teknologi “face recognition”.

Pengguna Samsung Galaxy S II tampaknya masih harus bersabar hingga update Android 4.0 tersedia untuk Galaxy S II.

Kesimpulan Samsung Galaxy Nexus vs Samsung Galaxy S2

Mana diantara kedua smartphone canggih ini yang lebih sesuai untuk Anda? Jika resolusi layar adalah factor penting maka sebaiknya pilih Galaxy Nexus.

Namun apabila kinerja prosesor lebih penting maka sudah pasti pilihannya adalah Galaxy S II. Selain itu Galaxy S II juga unggul dalam hal kamera 8 MP, sementara Galaxy Nexus “hanya” mengusung kamera 5 MP.

Galaxy S II juga menyediakan slot microSD yang tak dimiliki oleh Galaxy Nexus.

Samsung Galaxy S II

Samsung Galaxy S II GT-I9100

Samsung Galaxy Nexus

Samsung Galaxy Nexus GT-I9250

Dimensi6.6 x 0.8 x 12.5 cm13.5 x 1.2 x 6.8 cm
Berat118 g159 g
Kamera2 MP (depan), 8 MP (belakang)1,3 MP (depan), 5 MP (belakang)
Layar4.27-inch Super AMOLED Plus, anti gores4.65-inch, HD Super AMOLED
ProsesorDual-core 1.2 GHz processorDual-core 1.2 GHz processor
Sistem OperasiAndroid 2.3 GingerbreadAndroid 4.0 Ice Cream Sandwich
Harga (+/-)$700$670

Samsung Galaxy Nexus adalah smartphone berteknologi tinggi yang ada saat ini. Namun jika harus diperbandingkan “head to head” maka Samsung Galaxy S II tetap lebih unggul.