Review Samsung Galaxy Y

Samsung Galaxy Y adalah smartphone versi “pahe” yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Korea, Samsung. Smartphone dengan sistem operasi Android 2.3 yang dipadukan dengan user interface TouchWiz ini memiliki layar sentuh 3” dengan resolusi 320 x 240 pixels. Sementara prosesornya berkecepatan 832 MHz plus memori 150 MB yang bisa diupgrade dengan tipe microSD hingga 32 GB.

Untuk multimedia, Galaxy Y dilengkapi dengan kamera 2 MP, MP3 Player dan FM Radio. Slot 3.5 mm juga tersedia sehingga smartphone ini bisa dihubungkan dengan earphones ataupun speaker eksternal.

Samsung Galaxy Y

Keunggulan dan Kekurangan Samsung Galaxy Y

Keunggulan: mempertimbangkan harga yang relatif terjangkau, Samsung Galaxy Y menawarkan fitur yang cukup menarik di kelasnya. Smartphone ini juga sudah berjalan dengan sistem operasi versi Gingerbread sementara para pesaing di kelasnya rata-rata masih menggunakan Android versi 2.2.

Performa prosesor ARM v6-nya cukup mengesankan dan sudah pasti lebih powerful dibanding kompetitor. Sementara dari segi desain dan kualitas casing meski tentu tak bisa dibandingkan dengan Galaxy S II namun tetap terbilang elegan dan meyakinkan. Lagi-lagi untuk harga yang ditawarkan, Samsung sangat bermurah hati dengan menyediakan koneksi via HSDPA.

Kekurangan: Mempertimbangkan rasio antara harga vs fitur sebenarnya secara obyektif nyaris tak ada kritik yang patut dilayangkan untuk Galaxy Y. Tentu yang paling menonjol adalah kualitas dari fitur-fitur yang ada tetap tak bisa dibandingkan dengan smartphone kelas atas seperti Galaxy S II atau iPhone 4S.

Kesimpulan

Galaxy Y bukanlah smartphone yang sempurna, namun hampir semua kekurangannya adalah hal wajar mengingat harga yang ditawarkan. Dengan demikian Samsung Galaxy Y layak disebut sebagai smartphone terbaik di kelasnya.