iPhone 4S atau Samsung Galaxy S2?

Setelah lama menantikan iPhone 5 ternyata para penggemar gadget harus kecewa karena Apple justru meluncurkan iPhone 4S sebagai pengganti iPhone 4. Bagaimanapun iPhone 4S datang dengan beberapa tambahan fitur dibanding pendahulunya.

Walau demikian, saat ini sudah bukan lagi masa-masa dimana iPhone menjadi satu-satunya pemain di ceruk pasar smartphone berteknologi tinggi. Samsung sudah terlebih dahulu memperkenalkan Samsung Galaxy S2 yang boleh dibilang sekelas dengan iPhone 4S. Bagaimana perbandingan keduanya?

iPhone 4S vs Samsung Galaxy S2

Apple iPhone 4S vs Samsung Galaxy S2: Sistem Operasi

Samsung Galaxy S2 menggunakan sistem operasi Android versi 2.3.4. Jika diperbandingkan dengan iOS 5 keduanya bisa dikatakan setara.

iOS 5 memiliki keunggulan dengan diperkenalkannya fitur voice recognition atau perintah suara yang oleh Apple disebut ‘Siri’. Memang Android juga memiliki fitur yang hampir sama namun masih terbatas untuk perintah-perintah tertentu.

Dalam hal sistem operasi dan aplikasi-aplikasi pendukungnya yang lebih user friendly maka Apple iPhone 4S rasanya setingkat lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S2.

Hardware

Samsung Galaxy S2Prosesor dual core 1.2 GHz adalah salah satu dari sekian banyak keunggulan yang dimiliki oleh Galaxy S2, didukung dengan memori sebesar 1 GB tak diragukan lagi bahwa smartphone keluaran Samsung ini adalah salah satu ponsel tercepat yang ada saat ini.

iPhone 4S sebagai kompetitor yang lahir belakangan mengusung prosesor A5 yang sudah kita kenal sebelumnya di iPad 2. Apple sendiri mengklaim bahwa prosesor ini dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya plus lebih hemat baterai. Meski demikian dukungan RAM yang ‘hanya’ 512 MB rasanya masih belum mampu mengungguli Samsung Galaxy S2.

Untuk urusan hardware, smartphone terbaru dari Apple ini harus rela mengakui keuggulan kompetitornya; Galaxy S2.

Storage

iPhone 4S hadir dalam pilihan yang lebih variatif; 8, 16, 32 dan 64 GB. Sementara Samsung Galaxy S2 hanya menawarkan dua varian yaitu 16 dan 32 GB. Meski demikian Samsung unggul dalam fleksibilitas karena masih mungkin di-ugrade dengan chip microSD.

Layar

Generasi terbaru iPhone memiliki layar yang lebih kecil (3.5 inch) dibanding Samsung Galaxy S2 yang mengusung layar 4.3 inch. Meski demikian soal ketajaman, jelas iPhone 4S masih lebih unggul.

Samsung yang mengandalkan Super AMOLED Plus bagaimanapun memiliki keunggulan dalam hal efisiensi baterai.

Dengan demikian soal layar rasanya kembali pada selera masing-masing. Apakah Anda lebih menyukai smartphone dengan layar lebar? Atau layar yang sedikit lebih kecil namun tajam?

Lain-lain

iPhone 4SHal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Samsung Galaxy S2 menawarkan kemudahan dalam hal sinkronisasi data berkat tampilan antar muka Google. Sinkronisasi via Windows Explorer juga sangat dimungkinkan berkat sistem operasi Android yang diusungnya.

Apple iPhone 4S vs Samsung Galaxy S2: Kesimpulan

Secara teknis Samsung Galaxy S2 masih lebih unggul dibanding iPhone 4S. Namun kembali lagi bahwa kesemuanya adalah soal selera dan kebutuhan masing-masing.

Jika fleksibilitas adalah hal penting bagi Anda maka Samsung Galaxy S2 adalah pilihan tepat. Namun jika Anda masih awam dengan sistem operasi Android plus mendambakan kemudahan mengoperasikan sebuah smartphone melalui perintah suara maka tak ada salahnya mencoba iPhone 4S.