Samsung Series 9 NP900X3B-A01: Alternatif Pengganti MacBook Air

Samsung Series 9 NP900X3B-A01 yang dirilis pada awal tahun 2012 diposisikan sebagai pengganti seri sebelumnya: NP900X3A- A01. Dilihat dari desain dan spesifikasinya, Samsung Series 9 NP900X3B-A01US ini memenuhi syarat untuk masuk dalam kategori ultrabook sebagaimana ditentukan oleh Intel.

Apakah ultrabook terbaru keluaran produsen asal Korea Selatan ini merupakan pilihan ideal tergantung bagaimana Anda memberi apresiasi terhadap design yang elegan dan bobot yang ringan. Meski dengan harga yang sama Anda bisa memperoleh laptop dengan spesifikasi lebih baik, tentu dengan mengorbankan kenyamanan dalam melakukan mobilitas.

Samsung Series 9 NP900X3B-A01

Design Samsung Series 9 NP900X3B-A01

Samsung Series 9 NP900X3B-A01 jelas diposisikan sebagai sebuah portable komputer yang nyaman bagi mereka yang memiliki tingkat mobilitas tinggi namun memerlukan sebuah laptop powerful.

Dengan ketebalan sekitar 12,9 mm dan bobot total 1,16 kg sudah pasti ultrabook ini nyaman dibawa kemana-mana.

Sekilas ultrabook ini mirip sekali dengan Apple MacBook Air, tapi jika diperhatikan sungguh-sungguh ternyata Samsung Series 9 justru lebih ringan dan lebih tipis ketimbang rivalnya itu.

Samsung Series 9 NP900X3B-A01

Bicara soal layar, Samsung adalah juaranya. Seperti halnya dalam produk elektronik merk Samsung lainnya: HDTV, Tablet, Smartphone, hal paling mencolok dari Series 9 disamping design-nya adalah kualitas layar yang terang dan tajam. Layar ini bukan hanya memberi kenyamanan saat bekerja namun juga menjanjikan kepuasan dalam menyaksikan film resolusi HD maupun memainkan game-game 3D.

Secara keseluruhan kualitas desain Samsung Series 9 sangat elegan, rapi, ringan namun sekaligus kokoh. Pastinya ultrabook ini memberikan kenyamanan luar biasa bagi Anda yang sangat mobile. tentu Anda bisa memanfaatkan smartphone, tablet atau netbook, tapi ingat kemampuannya jauh di bawah ultrabook.

Hardware

Samsung menanamkan prosesor Intel Core i5 generasi kedua dengan kecepatan 1.6 GHz. Kombinasi prosesor ini dengan RAM sebesar 4GB menghasilkan performa terbaik untuk pekerjaan berat dan multi-tasking. Tapi jika itupun belum memuaskan Anda, ultrabook Samsung ini masih bisa diupgrade dengan memory hingga 8GB.

Untuk media penyimpanan, Samsung memasang hardisk tipe SSD dengan kapasitas 128GB. Ciri khas dari tipe SSD adalah suaranya yang relatif tidak berisik dibandingkan hardisk konvensional dan tidak boros energi.

Untuk grafis, Samsung Series 9 mengandalkan Intel® HD Graphics 3000 persis seperti yang digunakan oleh MacBook Air.

Daya Tahan Baterai Samsung Series 9 NP900X3B

Samsung mengklaim bahwa baterai ultrabook terbarunya ini mampu bertahan hingga 7 jam, konon daya tahan itu dihasilkan oleh teknologi PowerPlus yang memiliki masa pakai lebih panjang tiga kali lipat dibanding baterai laptop biasa.

Praktiknya, baterai Samsung Series 9 bertahan antara 5,5-6 jam untuk pemakaian normal. Cukup baik untuk ukuran sebuah ultrabook.

Samsung Series 9 NP900X3B-A01

Keyboard

Bagi Anda yang sudah pernah merasakan kualitas keyboard Macbook Air tidak ada banyak perbedaan akan Anda temukan pada Series 9.

Kualitas keyboardnya sangat baik, responsif, presisi dan nyaman digunakan. Boleh jadi ini adalah keyboard terbaik untuk laptop non Apple. Fasilitas backlight pada keyboard memungkinkan Anda tetap bekerja meski dalam ruangan gelap.

Port dan Konektivitas

  • 802.11 b/g/n WiFi
  • Bluetooth 3.0
  • 1x HDMI
  • 2x USB
  • HDMI
  • Audio in/out
  • RJ45 (LAN)
  • 1x MicroSD

Keunggulan dan Kekurangan Samsung Series 9 NP900X3B

Keunggulan utama tentu adalah desain yang mewah, berkualiras sekaligus tipis dan ringan. Kualitas layar yang istimewa serta keyboard yang nyaman adalah point plus lain dari Samsung Series 9

Meski demikian ultrabook Samsung ini bukannya tanpa kekurangan. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speakernya kurang meyakinkan, meski cukup keras. Sebagai perbandingan, ASUS Zenbook yang mengusung speaker Altec Lansing mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih mantap. Tentu masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan headphone berkualitas yang sayangnya juga tidak murah.

Samsung Series 9 NP900X3B-A01

Kekurangan lain adalah harga yang terbilang mahal. Sebagaimana layaknya ultrabook lain, Samsung Series 9 masih dipatok pada kisaran harga $1300. Dengan harga yang sama Anda bisa membeli laptop biasa (non ultrabook) yang lebih powerful, tapi sekali lagi kurang nyaman dalam hal mobilitas.

Plus:

  • Design
  • Display
  • Performa
  • Fitur

Minus:

  • Kualitas Suara
  • Harga

Kesimpulan Review Samsung Series 9

Jika Anda termasuk tipe pengguna MacBook Air yang menggunakan sistem operasi Windows, kini ada alternatif baru yang lebih tepat: Samsung Series 9 NP900X3B-A01. Ultrabook ini bukan hanya setara dengan MacBook Air dalam kualitas desain namun juga menggunakan prosesor dan kartu grafis yang sama.

Malah dalam kualitas layar, Samsung Series 9 NP900X3B-A01 sedikit lebih baik ketimbang MacBook Air.