Nokia Lumia 710 Windows Phone 7.5 Review

Nokia Lumia 710 menjadi seri Lumia kedua yang dilepas ke pasar oleh pabrikan asal Finlandia setelah Nokia Lumia 800. Dengan selisih harga hampir Rp 2 jt, Lumia 710 menjadi alternatif bagi penggemar smartphone dengan sistem operasi Windows Phone yang tidak ingin menyediakan budget lebih dari Rp 4 juta.

Di Indonesia, harga Nokia Lumia 710 berkisar antara Rp 2,6 – 2,75 jt sementara Nokia Lumia 800 sendiri berkisar antara Rp 4,5 – 4,8 juta. Selisih harga yang cukup besar tentu menimbulkan pertanyaan: apa perbedaan antara keduanya?

Spesifikasi Nokia Lumia 710

Perbedaan pertama adalah dari segi casing/housing yang dipakai. Berbeda dengan Lumia 800 yang sudah menggunakan casing dengan bahan polycarbon, Lumia 710 masih menggunakan bahan plastik. Akibatnya ketika digenggam Lumia 710 tidak terasa sekokoh Lumia 800, Meski demikian dari secara keseluruhan Lumia 710 nyaman ketika digenggam, sudut di tepi dan lekukan di bagian belakang terasa pas dalam genggaman tangan.

Beli Ponsel Murah

Dilema Pengguna Nokia Lumia 710

Dari segi spesifikasi juga ada beberapa hal yang membedakan antara Lumia 710 dengan 800 seperti kapasitas memory Lumia 710 yang hanya 8 GB sementara seri 800 berkapasitas 16 GB.

Kapasitas internal memory yang relatif kecil untuk sebuah ponsel multimedia merupakan salah satu kelemahan seri 710, lebih-lebih ponsel berbasis sistem operasi Windows Phone tidak memungkinkan penambahan memori melalui memory card seperti yang bisa dilakukan pada sebagian besar ponsel Android. Akibatnya pengguna Windows Phone harus menghapus atau memindahkan data manakala memori internalnya sudah mendekati limit, dan pemindahan data juga cukup rumit sebab bluetooth Windows Phone hanya bisa digunakan untuk mentransfer kontak dan bukan untuk transfer file (kecuali di-jailbreak).

Satu-satunya cara memasukan dan mengirim file adalah dengan menggunakan software Zune. Keterbatasan tersebut sebenarnya juga dialami oleh pengguna iPhone, meski demikian iPhone menyediakan kapasitas memori internal yang lebih besar ketimbang Lumia 710.

Selain keterbatasan storage hal lain yang mungkin akan sangat dirasakan oleh mereka yang sebelumnya menggunakan smartphone Android atau Apple adalah ketersediaan aplikasi. Aplikasi yang tersedia di Windows Marketplace terbilang sangat sedikit jika dibandingkan aplikasi iOS dan Android.

Kembali pada perbedaan antara Nokia Lumia 710 dengan Nokia Lumia 800, selain kapasitas internal memori hal lain yang berbeda adalah kameranya. Lumia 710 menggunakan kamera 5 MP sementara Lumia 800 8 MP dengan optik Carl Zeiss dan dual LED.

Sementara sisanya nyaris tak ada perbedaan antara kedua seri Lumia tersebut, termasuk prosesor 1.4Ghz Snapdragon MSM8255T, RAM sebesar 152 MB, wireless n, UMTS, HSDPA dan HSUPA.

Keduanya juga menggunakan layar 3.7 inch dengan resolusi yang tak jauh berbeda. Meski demikian jenis layar seri 710 adalah LCD sedangkan 800 sudah menggunakan AMOLED yang kinerjanya lebih baik terutama untuk penggunaan di luar ruangan. Baik 710 maupun 800 keduanya sudah dilapisi oleh Gorilla Glass.

Kemampuan Multimedia Nokia Lumia 710

Foto dan Video

Selain didukung auto focus dan LED flash kamera 5 MP milik Nokia Lumia juga disertai fitur geotagging, macro mode, dan empat color effects. Selain itu masih ada pula pilihan seperti “backlight”, “beach” dan “light candles”. Exposure, contrast, saturation dan white balance bisa disetting secara manual.

Harga Nokia Lumia 710

Tombol kamera memiliki dua pressure point: tekanan ringan untuk mengaktifkan auto focus sementara tekanan dalam untuk mengambil gambar. Kamera ini hanya memerlukan waktu sekitar setengah detik untuk menemukan fokus, sehingga terbilang cukup cepat untuk ukuran kamera smartphone.

Kualitas foto yang dihasilkan pada resolusi maksimal terbilang sangat tajam bahkan pada kondisi kurang pencahayaan (luar ruangan). Meski hanya 5 MP namun hasilnya tak jauh berbeda dengan kualitas foto yang dihasilkan oleh Nokia Lumia 800 dengan 8 MP dan lensa Carl Zeiss.

Untuk rekam video, Nokia Lumia 710 merekam dengan resolusi maksimal 720p pada 30 fps. Hasil perekaman terbilang cukup baik dan tajam bahkan bisa dibilang setara dengan Nokia Lumia 800.

Musik

Software pemutar musik Windows Phone melakukan sortir berdasarkan judul, artist, album dan genre. Playlist tidak bisa diedit langsung diponsel melainkan harus dilakukan melalui Zune di komputer.

Nokia Lumia 710 ReviewSangat disayangkan Windows Phone tidak menyediakan fasilitas equalizer. Di dalam boks, Nokia sudah menyertakan sebuah headset dengan kualitas yang cukup baik.

Kualitas suara terbilang rata-rata dan efek bass terasa kurang kuat, namun bisa dipahami mengingat Nokia Lumia 800 yang menggunakan chip berbeda juga tidak menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. Bahkan ketika memutar file musik yang diunduh langsung dari Zune Store sekalipun kualitas suara kedua ponsel Lumia ini tidak cukup memuaskan.

Pengoperasian

Meski berselisih harga hampir Rp 2 jt, operasional Lumia 710 bisa dibilang 99% sama seperti Lumia 800. Perbedaan yang mungkin nampak adalah ukuran QWERTY keyboard yang lebih kecil yaitu 6.3 x 6 mm pada Lumia 800 dan 5.9 x 5.7 mm pada Nokia Lumia 710. Pada prakteknya perbedaan sekitar 0.4 mm ini tidak terlalu banyak dirasakan dalam keseharian.

Nokia Lumia 710

Kesimpulan

Nokia Lumia 710 adalah sebuah pilihan yang tepat bagi penggemar sistem operasi Windows Phone atau mereka yang ingin mencoba Windows Phone. Selisih harga hampir Rp 2 juta menjadikan Lumia 710 layak dilirik sebagai alternatif Lumia 800. Meski demikian kapasitas internal memori yang kecil patut menjadi pertimbangan bagi pengguna yang banyak mengambil foto maupun merekam video.

Dari segi performa multimedia kualitas kamera Lumia 710 bisa disejajarkan dengan Lumia 800 yang jauh lebih mahal. Sayangnya kualitas suara ketika memutar musik masih jauh dari yang diharapkan untuk sebuah ponsel berharga lebih dari Rp 2 jt.

Jika kualitas suara ketika memutar musik menjadi faktor penting bagi Anda maka ada baiknya mempertimbangkan HTC Titan yang juga sama-sama berbasis Windows Phone namun menghasilkan suara yang jauh lebih baik ketimbang Nokia Lumia. Namun kualitas perekaman video HTC Titan masih kalah dibandingkan Nokia Lumia 710 maupun 800.

Bagi yang akan beralih dari ponsel lama atau BlackBerry mungkin Windows Phone adalah pilihan tepat mengingat kemudahan pengoperasiannya dan pilihan aplikasi yang terbilang kaya dibanding BlackBerry maupun ponsel lama. Mereka yang sebelumnya sudah menggunakan ponsel Android kemungkinan besar akan merasa “dibatasi” baik dari segi jumlah aplikasi, storage maupun proses mengirim dan menerima file.

Jika diperhadapkan pada pilihan antara Lumia 710 dan Lumia 800 hal yang paling penting dipertimbangkan selain kapasitas internal memory adalah jenis layar AMOLED pada Lumia 800 yang lebih nyaman jika berada di luar ruangan.

Secara umum untuk harga kurang dari Rp 3 juta Nokia Lumia 710 layak menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan mengingat fitur yang terbilang kaya, sistem operasi yang user friendly dan kualitas layar sentuh yang intuitif dibanding smartphone lain di kisaran harga yang sama.

Jika sistem operasi Windows Phone bukan sebuah keharusan bagi Anda maka untuk range harga yang sama HTC One V dan Sony Xperia U layak menjadi pertimbangan, keduanya menggunakan OS Android.

Update Nokia Lumia 710 dengan Windows Phone 8

Sejak beberapa bulan yang lalu update sistem operasi dari Windows Phone 7.5 ke Windows Phone 7.8 sudah tersedia untuk Nokia Lumia 710.

Update ini menurut pihak Nokia adalah update terakhir untuk semua device Windows Phone bersistem operasi WP 7.5 karena spesifikasi hardware nya tidak memungkinkan untuk menjalankan WP 8.

Beberapa hal baru yang ada di OS WP 7.8 ini antara lain adalah fleksibilitas untuk mengatur ukuran tiles yang ada di halaman utama, penggunaan “live tiles” dan yang paling banyak dinantikan tentu saja fleksibilitas penggunaan Bluetooth yang lebih luas baik bagi Lumia 710 maupun device lain dengan sistem operasi yang sama.

Nokia Lumia 710 dengan WP 7.8

Nokia Lumia 710

Kini Anda dapat membagikan atau menerima file dari smartphone lain dari dan ke Nokia Lumia 710 melalui Bluetooth. Untuk dapat menggunakan Bluetooth di Nokia Lumia 710 pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi bernama “Bluetooth Share” yang tersedia di “Marketplace” secara gratis.

fitur bluetooth nokia lumia 710

Selanjutnya untuk menerima atau mengirim file melalui Bluetooth silakan masuk dulu ke aplikasi Bluetooth Share tersebut dan pilih opsi share/receive. Proses selanjutnya tak jaugh berbeda dengan penggunaan Bluetooth di device lain. Jangan lupa untuk mengaktifkan Bluetooth di Lumia 710 Anda jika belum aktif dan matikan kembali setelah sesesai digunakan untuk keamanan dan menghemat baterai.

Ketika diuji Nokie Lumia 710 bisa berkomunikasi dengan baik dengan smartphone berbagai tipe dengan sistem operasi sama maupun berbeda seperti iOS (Apple) dan Android. Namun ketika diuji pengiriman dan penerimaan file dari dan ke device non smartphone seperti tablet dan komputer (desktop PC, laptop, dll) tidak pernah berhasil.